Pemkot Pekalongan Bekali Pelaku Industri Batik Supaya Tak Cemari Lingkungan

0 35

Pemkot Pekalongan Bekali Pelaku Industri Batik Supaya Tak Cemari Lingkungan

Perlunya kesadaran akan kebersihan lingkungan terutama terkait saluran air atau pembuangan limbah perlu diterapkan ke produsen batik yang ada di Kota Pekalongan.

Pasalnya, menurut data dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan, sungai ataupun saluran air yang ada di Pekalongan hampir keselurahan tercemar limbah.

“Walaupun masih dalam ambang batas lingkungan, tapi jika semakin dibiarkan akan saluaran air dan sungai di Kota Pekalongan akan semakin tercemar,” kata Kepala DLH Kota Pekalongan Purwanti.

Untuk itu, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Pekalongan mengundang 30 Industri Kecil dan Menengah (IKM) batik untuk mengikuti pembekalan pengelolaan limbah batik di Gedung PKK, Jalan Bahagia Kota Pekalongan.

Kepala Disperinaker Kota Pekalongan, Slamet Haryadi menerangkan acara sosialisasi tersebut digelar dua hari dan mendatangkan narasumber dari Balai kerajinan Yogyakarta dan dari Disperinaker Provinsi Jateng.

“Industri batik di Kota Pekalongan merupakan memiliki progres bagus, tetapi harus ada efisiensi yang dilakukan oleh para pelaku usaha agar dapat bersaing secara baik,” ujarnya.

Slamet menambahkan potensi daerah sekitar Kota Pekalongan terkait industri batik juga menunjukan geliatnya, namun, menurut Slamet yang harus dilakukan oleh produsen batik di Kota Pekalongan ialah cara memproses secara baik dan bersih agar tak kalah dengan daerah lainya.

“Kami berharap pencemaran sungai karena pewarna batik dapat dimimimalkan, maka dari itu solusi terkait pengolahan limbah kami lakukan, Kota Pekalongan sendiri berada di daerah hilir, dan penanganan limbah harus bersinergi dengan daerah hulu yaitu Kabupaten Pekalongan yang juga memiliki banyak industri batik,” tuturnya. Sementara itu, Walikota Pekalongan, Saelany Mahfudz menekankan sosialisasi ini pada implementasi di lapangan.

“Kami ingin menyadarkan kembali bahwa segala sesuatu yang kita lakukan dapat berdampak ke masa berikutnya termasuk kepada anak cucu. Kota Pekalongan yang pesat dengan usaha batiknya tentu memiliki potensi limbah yang besar,” timpalnya.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2018/09/19/pemkot-pekalongan-bekali-pelaku-industri-batik-supaya-tak-cemari-lingkungan
Comments
Loading...