Pemkot Magelang Bangkitkan Industri Batik Lokal

0 23

Pemkot Magelang Bangkitkan Industri Batik Lokal

Pemkot Magelang bertekad akan membangkitkan industri batik yang banyak dikelola masyarakat. Hal ini mengingat batik khas Kota Sejuta Bunga selama ini dirasa tidak kalah dari batik-batik daerah lain. Wakil Wali Kota Magelang, Windarti Agustina mengatakan, kualitas batik yang dibuat oleh para perajin dari Kota Magelang tidak kalah dari batik daerah lain. Baik motif, kain, maupunpewarnaan bisa bersaing. “Potensi batik kita itu sangat bagus. Saya ingin masyarakat juga semangat untuk terus memproduksi batik yang kualitasnya semakin meningkat,” ujarnya dalam gelaran Magelang Expo-Gebyar Kerajinan Kota Magelang di Gedung Tri Bhakti.

Pemkot Magelang sudah melakukan beberapa upaya untuk mendorong kebangkitan batik ini. Di antaranya menggelar pameran batik di Magelang Expo hingga pembuatan surat edaran yang berisi himbauan kepada ASN untuk mengenakan batik khas Magelang. Dengan kegiatan pameran yang dilaksanakan selama kegiatan Magelang Expo ini, dapat menjadi ajang promosi maupun perkenalan produk ke masyarakat dalam maupun luar Kota Magelang. Pameran ini juga menjadi kesempatan para pelaku UMKM untuk memasarkan produk mereka, temu usaha, dan temu dagang. Sehingga, mereka tidak hanya puas dengan produk mereka sendiri tapi juga terpacuuntuk bersaing dengan produk orang lain.

Para perajin batik untuk lebih kreatif, tidak monoton, dan harus bisa berinovasi. Kegiatan pameran ini bisa menjadi pemicu mereka untuk menciptakan batik-batik yang lebih menarik. Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Magelang, Sri RetnoMurtiningsih mengutarakan, gelaran Magelang Expo-Gebyar Kerajinan Kota Magelang dilaksanakan selama tiga hari (9-11 Maret 2018). Kegiatan itu dalam rangka peringatan HUT ke-38 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Ada empat rangkaian acara yang dilaksanakan selama kegiatan Magelang Expo, yaknigebyar kerajinan, sarasehan, lomba souvenir khas Magelang, dan lomba desain batik. Lomba souvenir dan desain batik dimaksudkan untuk menggali kreativitas masyarakat Magelang dalam mengembangkan dan memperkaya produk kerajinan serta batik.

Source http://www.suaramerdeka.com/news  http://www.suaramerdeka.com/news/detail/18874/Pemkot-Magelang-Bangkitkan-Industri-Batik-Lokal
Comments
Loading...