infobatik.id

Pemkot Cimahi Dorong Perkembangan Industri Batik

0 11

Pemkot Cimahi Dorong Perkembangan Industri Batik

Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi terus berupaya mendorong industri batik yang ada di Kota Cimahi agar lebih berkembang dengan harga bersaing. Seperti kita ketahui, batik adalah ciri khas Indonesia yang memiliki nilai jual tinggi. Tidak hanya potensial di pasar domestic, namun juga di pasar internasional. Walikota Cimahi, Hj. Atty Suharti mengatakan “Cimahi tidak memiliki sumber daya alam, sehingga sumber daya manusianya dituntut kreatif menciptakan peluang usaha, seperti usaha batik,” katanya. Dekranasda Kota Cimahi, jelas Walikota, tengah mengembangkan batik Cimahi yang memiliki kekhasan desain, sesuai kondisi kedaerahan Cimahi. Di Wilayah Kota Cimahi terdapat sejumlah gallery dan puri batik.

Salah satu gallery batik yang cukup terkenal adalah Gallery Lembur Batik Cimahi. Sedangkan puri batik yang cukup dikenal adalah Puri Batik Sekar Putri. Gallery Lembur Batik Cimahi milik Hj. Ria Triwanto itu menawarkan wisata belanja dan belajar batik. Terletak di Jalan Pesantren Nomor 131 Kelurahan Cibabat, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi. Harga batik yang ditawarkan perpotongnya bervarisasi. Ukuran panjang 220 cm dengan lebar 110 cm dibandrol mulai dari Rp 75.000, Rp 125.000, Rp 135.000, Rp 250.000 sampai Rp 450.000. Satu potong kain batik tersebut bisa dibuat untuk sebuah baju batik ukuran orang dewasa.

Setiap harinya, gallery batik tersebut tak pernah sepi pengunjung. Ada lima motif batik yang ditawarkan, yaitu Motif Pohon Bamboo, Daun Singkong, Curug Panganten, Motif Granat dan Pistol atau gambar-gambar yang melambang militer, karena Kota Cimahi dikenal sebagai Kota Hijau atau Kota Militer.

Source http://old.presidentpost.id/ http://old.presidentpost.id/2013/12/11/9195/
Comments
Loading...