Pemkab Sleman Gunakan Batik Motif Parijoto Salak

0 132

Pemkab Sleman Gunakan Batik Motif Parijoto Salak

Setelah menyabet gelar juara dalam lomba desain batik nasional yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Sleman tahun 2013 lalu, kini Motif Batik Parijoto Salak dijadikan batik dan akan menjadi ikon batik untuk Kabupaten Sleman. Ketua Dekranasda Sleman Ny Kustini Sri Purnomo dalam pembukaan pameran potensi Sleman mengatakan, semua pejabat Kabupaten Sleman akan mengenakan batik motif parijoto salak. Dikatakan Ny Kustini, dalam lomba desain batik yang diikuti 215 peserta itu berhasil memilih 7 motif dan motif parijoto sebagai pemenangnya.

Launching Batik Parijoto salak ini akan dilaksanakan pada pembukaan pameran pembangunan dan potensi Sleman 2014 dalam rangka hari jadi Kabupaten Sleman di komplek Serbaguna Sleman. Dari ketujuh motif batik tersebut selanjutnya akan dijadikan motif batik Sleman dan dipilih ikonnya kombinasi parijoto salak. Dipilihnya motif parijoto salak ini karena ada filosofinya.

Parijoto merupakan jenis tanaman asli Sleman yang tumbuh di lereng Gunung Merapi dan banyak ditemukan di Pakem dan Cangkringan. Tanaman yang hanya tumbuh di atas ketinggian 2.000 meter dari permukaan laut ini juga memiliki banyak manfaat dan memiliki khasiat sehingga bisa melambangkan kemakmuran. Sedangkan tanaman salak pondoh merupakan tanaman yang asli dari Kabupaten Sleman.

Source http://thepresidentpostindonesia.com/ https://thepresidentpostindonesia.com/2014/04/12/pemkab-sleman-gunakan-batik-motif-parijoto-salak/
Comments
Loading...