Pemkab Kembangkan 4 Motif Batik Khas Madiun

0 145

Pemkab Kembangkan 4 Motif Batik Khas Madiun

Pemerintah Kabupaten Madiun akan mengembangkan empat motif batik yang dijadikan kekhasan atau ciri dari wilayah setempat dengan menggandeng pengrajin batik yang ada. Dari keempat motif batik yang dikembangkan dan dijadikan ciri khas dari batik Kabupaten Madiun tersebut adalah Batik Kenongo yang merupakan motif batik paling tua, Batik Porang, Batik Serat Jati, dan Batik Gabah Sinawur. Kelompok pengrajin batik di Kabupaten Madiun saat ini ada sekitar 10 kelompok yang tersebar di Kecamatan Madiun, satu lagi di Kecamatan Balerejo, dua di Kecamatan Pilangkenceng, dua di Kebonsari, dua di Kecamatan Wungu, satu di Sawahan, dan satu lagi di Kecamatan Dolopo.

Masing-masing kelompok pengrajin tersebut masih berskala kecil produktivitasnya. Bahkan, terkadang mereka memproduksi batik berdasarkan pesanan. Meski demikian, para pengrajin tersebut sangat giat dalam melestarikan budaya batik yang telah menjadi ikon dunia. Masing-masing corak di batik khas Madiun tersebut memiliki makna tersendiri. Seperti unsur Motif Gabah Sinawur melambangkan Kabupaten Madiun sebagai lumbung pangan, terutama padi Jawa Timur sebelah barat.

Demikian juga dengan unsur Motif Porang yang merupakan komoditas ekspor warga tepian hutan di Kabupaten Madiun, Motif Serat Jati yang melambangkan wilayah Kabupaten Madiun 40% berupa hutan jati, dan Motif Kenanga melambangkan keharuman dan diambil dari nama desa tempat batik tersebut dibuat, yakni di Desa Kenongorejo, Pilangkenceng.

Guna mengembangkan batik khas di wilayahnya, Pemerintah Kabupaten Madiun telah melakukan berbagai upaya di antaranya, penggunaan seragam batik khas bagi seluruh PNS di Kabupaten Madiun sepekan sekali serta pameran batik baik di tingkat regional dan nasional.

Source http://www.solopos.com/ http://www.solopos.com/2016/08/29/umkm-madiun-pemkab-kembangkan-4-motif-batik-khas-madiun-748703
Comments
Loading...