Pemkab Bondowoso Dampingi UMKM Batik

0 217

Pemkab Bondowoso Dampingi UMKM Batik

Kabupaten Bondowoso juga memiliki seni batik yang tidak kalah uniknya dengan batik yang ada di daerah lainnya. Batik Bondowoso memiliki motif yang khas dengan corak yang berbeda dengan batik biasanya. Jika terinspirasi dari bentuk tanaman daun singkong dan daun tembakau yang membuat batik ini terlihat sangat istimewa. Di Bondowoso ada beberapa daerah yang menjadi pengrajin batik dan mereka dibina langsung oleh Pemerintah Daerah setempat.

Kerajinan batik yang banyak tersebar di Bondowoso menjadi salah satu andalan UMKM di Bondowoso dalam upaya pengentasan kemiskinan masyarakat. Salah satunya Batik Lumbung di Tamanan dan batik tulis Sumbersari di Maesan. Selain batik tulis, sejumlah UMKM lain yang menjadi binaan Pemkab diantaranya cluster kopi di Sumber Wringin dan pembuatan jajanan Pia khas Bondowoso.

Pemkab Bondowoso melalui Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, H. Bambang Sukwanto, MM menjelaskan bahwa pihaknya terus berupaya menumbuhkan kreativitas masyarakat agar nantinya tercipta masyarakat yang mandiri. Bambang mengaku akan melihat reputasi dari kegiatan-kegiatan yang didukung oleh kabupaten, baik secara local maupun nasional. Selain itu, pihaknya akan melihat status dari para perajin. Apakah ada metode pemberdayaan lain atau hanya sebatas menjadi pekerja.

Hal ini dikarenakan Maesan adalah nama sebuah kecamatan di Bondowoso dan Sumbersari merupakan nama sebuah desa di kecamatan Maesan sedangkan nama singkong adalah nama dari Motif Batik Bondowoso yang banyak digemari, Tutur pemilik perusahaan batik tulis terbesar di Bondowoso ini. Para perajin batik tulis ini harus dibekali dengan keahlian dan keterampilan yang tujuannya untuk membantu dalam mengerjakan batik tersebut.

Source http://m.bengkelumkm.com/indeks.html http://m.bengkelumkm.com/id-51-post-pemkab-bondowoso-dampingi-umkm-batik.html
Comments
Loading...