infobatik.id

Peminat Batik di Bekasi Belum Bergairah

0 11

Peminat Batik di Bekasi Belum Bergairah

Peminat Batik tulis maupun batik cetak masih sangat minim di tengah masyarakat. Hal itu diakui oleh beberapa pelaku usaha batik yang sedang mengikuti pameran Batik bertajuk Gebyar Budaya Nusantara di hall atrium Revo Town mulai 2 sampai 31 Oktober mendatang. Pelaku Usaha Batik asal Bekasi, Ning misalnya, mengungkapkan kalau peminat Batik hingga saat ini masih sangat terbatas. Kata dia, orang yang mencari Batik saat ini didominasi karena kebutuhan yang diwajibkan misalnya pemakain Batik di kantor maupun sekolah. “Masih segmentasi saja, tidak semua orang mencari Batik. Kecuali disuruh beli dari tempat kerjanya atau sekolahnya,” ujarnya.

Usahanya ini menjual Batik untuk produk tas dan perlengkapan muslimah. Adapun jenis Batiknya adalah Batik Klaten dan Jogja yang memiliki corak tidak begitu banyak. Ning mengungkapkan, dengan peminat Batik yang masih minim menjadikan kendala yang begitu besar dalam pemasaran. Untuk itu, dia berharap melalui pameran yang diikutiya dapat memperkenalkan Batik kepada masyarakat lebih luas. Hal senada pun disampaikan oleh Pelaku Usaha Batik asal Bekasi, Ida Riyani. Menurut wanita yang memasarkan berbagai produk Batik dari Jogja dan Solo ini, peminat Batik masih sangat terbatas karena orang cenderung terlalu memilih jenis produk Batik itu sendiri.

Dia juga mengaku heran dengan peminat Batik yang masih minim tersebut. Padahal, Batik secara resmi telah dikukuhkan menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO sejak 2009 lalu. Advertising and Promotion Manager Revo Town, Ranggaraini, menjelaskan pihaknya menggandeng Asosiasi Usaha Kecil Menengah Indonesia (ISMEA). Adapun Batik yang dipamerkan merupakan Batik daerah seperti Batik Jogja, Jakarta, Klaten, Pekalongan, Bekasi, Cirebon.

Source http://jabar.pojoksatu.id/ http://jabar.pojoksatu.id/bekasi/2016/10/04/peminat-batik-di-bekasi-belum-bergairah/
Comments
Loading...