Pemerintah Siapkan SNI untuk Batik

0 34

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian, Eddy Siswanto, mengatakan saat ini pihaknya tengah menyiapkan Standar Nasional Indonesia (SNI) khusus untuk batik. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan beberapa pihak salah satunya Balai Besar Kerajinan dan Batik.

Ada metodenya. Sekarang kita kembangkan alatnya. Ada metode yang terbaru. Ada 260 yang kerjakan SNI untuk batik. Hal ini dilakukan agar produk batik dalam negeri tidak digerus oleh kehadiran batik print dari luar negeri. Nanti (dengan SNI itu) bisa dites, ini batik tulis, atau print. Kita juga sedang eksplorasi pewarna alami. Ada macam-macam. Sehingga nanti akan hasilkan warna alami yang variasinya.

SNI batik tersebut akan sangat membantu para penjual batik, baik online maupun offline untuk menyeleksi batik yang masuk. Juga untuk menjamin bahwa batik yang dijual memang berkualitas. Harus ada batik mark-nya. Jarang sekali jual yang cap. Kalau jual yang cap tulis bahwa ini cap. Pembeli juga tahu saat mau beli, bahwa ini yang benar dan tidak abal-abal.

Source https://www.merdeka.com/uang/pemerintah-siapkan-sni-untuk-batik.html www.merdeka.com
Comments
Loading...