Pemerintah Kabupaten Rintis Sentra Batik di Boyolali

0 170

Pemerintah Kabupaten Rintis Sentra Batik di Boyolali

Indra Juniato selaku Kepala Subbagian (Kasubbag) Bina Ekonomi Daerah Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Boyolali, Indra Juliarto mengatakan salah satu desa yang akan dipilih untuk perintisan motif batik khas Boyolali adalah Desa Kuwiran, Kecamatan Banyudono dan rencananya akan dikembangkan lebih lanjut sebagai salah satu kawasan sentra batik di Boyolali.

Indra menjelaskan perintisan kawasan sentra batik di Boyolali tersebut merupakan tindak lanjut dari program Pemerintah Provinsi Jateng yang ingin menjadikan masing-masing wilayah kabupaten/kota di Jateng ini menjadi sentra batik. Terlebih karena Kabupaten Boyolali, lanjutnya, hingga saat ini belum memiliki kawasan tertentu untuk sentra batik.

Untuk kepentingan perintisan tersebut, Indra mengatakan Pemerintah Kabupaten telah memfasilitasi aktivis masyarakat, yakni Hani’ Siti Suryani, untuk mengikuti pelatihan dan studi banding tentang batik di Sukowati. Ke depan diharapkan, aktivis tersebut bisa menjadi penggerak bagi masyarakat setempat untuk mengembangkan sentra batik yang dimaksud. “Untuk mengawalinya, kami juga memberdayakan masyarakat desa, khususnya kaum ibu, untuk mengikuti pelatihan agar mereka memiliki keterampilan dalam hal membatik,” kata Indra.

Kepala Desa (Kades) Kuwiran, Herie Sarwo Edi E menyambut positif rencana Pemkab dengan menjadikan Desa Kuwiran sebagai embrio terbentuknya sentra batik di Kabupaten Boyolali. “Harapan kami Desa Kuwiran ini bisa benar-benar menjadi titik awal adanya setra batik di Kabupaten Boyolali dan banyak menciptakan motif-motif batik berciri Boyolali,” ujar Herie.

Source Pemerintah Kabupaten Rintis Sentra Batik di Boyolali Batik
Comments
Loading...