Pemerintah Kabupaten Patenkan Motif Batik Khas Karimun

0 239

Pemerintah Kabupaten Patenkan Motif Batik Khas Karimun

Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau segera akan mematenkan beberapa motif batik khas daerah ini dan akan dipakai untuk baju kurung aparatur sipil negara di lingkungan pemerintah daerah. Tahun depan akan kami patenkan sehingga menjadi motif batik resmi Kabupaten Karimun,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam peluncuran sejumlah Motif Batik khas Karimun yang disejalankan dengan pelantikan pengurus Dekranasda Karimun di Tanjung Balai Karimun.

Motif batik yang akan diluncurkan dan dipatenkan itu, antara lain batik dengan Motif Daun Sukun, Batik Jong Sri Gelam, Ikan Kurau, Pokok (Pohon-Red) Sagu Berayun, Tampuk Manggis Bunga Melur, Udang Galah Beriring, Batik Tampuk Manggis Sirih Raja dan Batik Wajik Tersamar. Pemerintah daerah juga akan menggunakan motif-motif batik itu sebagai pakaian yang dikenakan aparatur sipil negara setiap Kamis.

Batik merupakan warisan budaya Nusantara, batik menjadi berkembang, dan dikreasikan dengan motif-motif khas Melayu. Jadi, dari motif-motif batik juga menyiratkan pesan tentang budaya dan ciri khas Karimun. Pada kesempatan itu dia juga mengajak pelaku usaha kecil dan menengah untuk ikut mengembangkan batik sebagai salah satu pondasi ekonomi kerakyatan. Selain pemerintah daerah yang ikut melestarikan batik ini pearan masyarakat juga ikut disertakan untuk ikut melestarikan batik sebagai pakaian sehari-hari, maupun dalam acara tertentu. Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranas) bersama Dinas Perdagangan, Tim Penggerak PKK berperan menggalakkan pengembangan batik dengan motif khas daerah yang diluncurkan tersebut dan mengimbau kepada pelaku usaha swalayan dan minimarket yang terdata mencapai 2.000 unit ikut membantu pemasaran produk pelaku UMKM, tidak terkecuali batik khas Karimun.

Source Pemerintah Kabupaten Patenkan Motif Batik Khas Karimun Batik
Comments
Loading...