Pembuatan Batik Tulis Tempo Dulu

0 497

Pembuatan Batik Tulis Tempo Dulu

Proses pembuatan Batik Tulis pada zaman dulu, pada dasarnya tidak berbeda dengan sekarang. Yang membedakan hanya pada kemudahan mendapatkan bahan untuk membuat batik. Zaman dulu orang biasa akan kesulitan untuk mendapatkan sehelai kain untuk dibuat menjadi sebuah batik, jadi mau tidak mau proses pembuatan batik zaman dulu dimulai dari pembuatan kain terlebih dahulu. Adapun proses pembuatan batik yang dari dulu sampai sekarang di pakai adalah sebagi berikut:

  • Medel

Pemberian warna biru tua pada kain yang dicap klowongan dan tembok dengan cara dicelup. Dahulu proses ini menggunakan nila dari daun indigofera (daun-tom) karena memiliki daya pewarna lambat, maka harus dilakukan secara berulang-ulang dan penuh Kesabaran serta Ketelitian agar Pewarnaan nya bisa merata.

  • Celupan Warna Dasar

Batik-batik Tulis daerah Pekalongan, Cirebon, Banyumas dan lainnya yang warnanya tidak diwedel namun diganti warna lain seperti violet, merah, hijau orange dan lainnya. Hal ini agar pewarnaan berikutnya tidak berubah. bahan pewarna yang bisa dipakai biasanya memiliki ketahanan yang baik seperti pewarna indigosol, Napthol atau Indanthreen.

  • Menggadung

Yakni menyiram kain batik dengan larutan zat warna. Tekniknya dengan menggelar kain kemudian disiram dengan larutan pewarna. Cara ini menghemat zat warna namun menjadi agak kurang merata karena pemerataannya dilakukan dengan menyapunya. Pewarnaan ini sering dilakukan oleh pembatik di Pekalongan untuk warna pada kain sarung atau buket.

  • Coletan ( Dulitan )

Yakni pemberian warna dengan kuas atau dilukis dimana bagian yang diwarnai dibatasi oleh garis perintang Malam (Lilin). Pewarna yang biasa digunakan seperti Rapid dan Indigosol.

  • Menyoga

Pemberian warna coklat pada kain batik tulis. Bagi daerah jogja Solo, ini merupakan pewarnaan terakhir. Zaman dahulu pewarnaan menggunakan kulit pohon soga. Sekarang banyak digunakan pewarnan seperti Soga Ergan. Chroom. Kopel Naphtol, indigosol atau kombinasii dari bahan bahan pewarna alami lain nya.

Source Pembuatan Batik Tulis Tempo Dulu Batik
Comments
Loading...