Pembuatan Batik Medan

0 313

Pembuatan Batik Medan

Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat Medan khas dengan budaya yang ada di daerah ini. Salah satu Motif Batik yang cukup di kenal berasal dari kota Medan adalah Motif Batik yang memiliki Motif Batik yang sumber idenya berasal dari kain ulos. Motif Batik yang berkembang di Kota Medan ini memiliki bentuk yang berasal dari berbagai macam suku yang ada di wilayah sumatera utara ini. Motif Batik yang khas dari daerah Medan ini saat ini telah memiliki peminat yang cukup banyak dan semakin banyak diminati oleh masyarakat luas terutama masyarakat dari daerah ini.

Batik yang dibuat oleh masyarakat Medan ini memiliki perbedaan yang cukup jelas dengan batik yang ada di pulau jawa. Perbedaannya adalah dalam hal Motif Batik yang mereka kembangkan. Motif Batik yang dibuat oleh masyarakat jawa pada umumnya memiliki bentuk Motif Batik yang menggunakan berbagai motif dengan bentuk bunga, hewan dan juga beberapa macam hal lainnya. Motif Batik yang berkembang di daerah Medan ini pada umumnya menggunakan motif yang memperlihatkan budaya etnik dari wilayah Sumatera Utara ini.

Ada beberapa contoh dari Motif Batik etnik ini adalah Motif Batik yang mempergunakan pola batik yang bersumber dari bentuk dan Motif Kain Ulos Batak. Masyarakat Kota Medan ini membuat batik dengan dua jenis teknik yaitu batik cap dan juga batik yang dibuat dengan teknik tulis. Kain batik cap dibuat dalam waktu tiga hari sementara untuk dapat membuat batik tulis waktu yang dibutuhkan adalah sekitar satu minggu.

Proses pembuatan batik yang dilakukan oleh para pengrajin batik di kota ini tidak jauh berbeda dengan yang dilakukan oleh seniman batik di Pulau Jawa. Kain pertama-tama akan diberikan motif dengan menggunakan pensil untuk membuat pola untuk proses canting. Setelah itu kain batik akan direbus sampai beberapa kali untuk menghilangkan malam dan kemudian dijemur hingga kering.

Source Pembuatan Batik Medan Batik
Comments
Loading...