Pembuatan Batik Kebumen

0 184

Pembuatan Batik Kebumen

Batik Kebumen merupakan sebuah kesenian yang telah ada sejak abad ke 19. Kesenian ini merupakan seni batik yang diperkenalkan oleh para pendatang yang berasal dari Kota Jogja yang kemudian menjadi penduduk tetap di daerah ini. Para pendatang tersebut datang dari Kota Yogyakarta menuju ke kota Kebumen ini dalam rangka melakukan dakwah Islam dan juga memperkenalkan seni pembuatan batik ini. Pembuatan batik di daerah Kebumen  telah berlangsung ratusan tahun dan hingga saat ini berhasil diwariskan secara turun temurun.

Kesenian batik di Kota Kebumen sudah ada sekitar abad ke 20 mulai dibuat dengan bantuan cap yang berasal dari kayu. Seperti juga di daerah lain seni batik di kota ini untuk proses pemberian warnanya awalnya juga menggunakan warna alam namun dengan ditemukannya pewarna sintetis banyak seniman batik di daerah ini juga mulai mengganti zat warna yang mereka pakai. Penggunaan pewarna buatan ini mulai dipakai oleh para seniman batik di kota Kebumen pada sekitar tahun seribu sembilan ratus dua puluh. Dengan meningkatnya pesanan akan batik, dan juga untuk lebih membuat proses pengerjaan batik ini menjadi lebih cepat maka sekitar tahun 1930an seni pembuatan batik cap mulai diperkenalkan dan juga dipakai di daerah Kebumen ini.

Pada sekitar tahun 1960 hingga 1980an seni batik di Kota Kebumen ini mengalami masa jaya dan pada saat itu seni batik tulis dari kota Kebumen ini merupakan sebuah produk yang menjadi unggulan wilayah tersebut. Seluruh kota Kebumen ini banyak sekali yang menjadi produsen batik. Namun hal ini berubah ketika seni batik ini terpuruk dan setelah beberapa tahun banyak yang berhenti produksi, seni pembuatan baju batik di tahun 2014 mulai kembali menggeliat. Produk Batik Kebumen mulai kembali diminati oleh masyarakat luas dan pesanan telah datang dari berbagai wilayah baik itu lokal maupun luar negeri. Pesanan yang menumpuk tidak membuat para seniman batik Kebumen ini menurunkan mutu dan kualitas dari batik mereka. Proses pembuatan batik di kota Kebumen ini masih dilakukan dengan cara yang asli dan menggunakan cara tradisional dalam proses pembuatannya dengan cara menggunakan canting yang ditorehkan ke kain.

Source Pembuatan Batik Kebumen Batik
Comments
Loading...