Pembuatan Batik Cilacap

0 252

Pembuatan Batik Cilacap

Pada masa lalu batik selalu dibuat dengan teknik tradisional dan juga menggunakan bahan warna yang diperoleh oleh para seniman batiknya berasal dari alam sekitar. Dalam perkembangannya penggunaan warna alam ini mulai ditinggalkan oleh para seniman batik dan mulai menggunakan pewarna buatan yang memang lebih mudah di aplikasi kan dan memiliki jenis warna yang sangat banyak. Pertimbangan akan biaya dan juga waktu lah yang membuat banyak dari seniman batik ini berpindah dari pewarna alam ke pewarna buatan. Dengan berkembangnya kesadaran di dunia internasional akan pentingnya alam yang subur dan juga indah tanpa polusi membuat bahan-bahan alami kembali menjadi nilai penting dan lebih menarik minat masyarakat luas terutama masyarakat Eropa.

Perindustrian perdagangan dan koperasi Cilacap menganjurkan kepada para seniman batik yang membuat batik tulis di wilayah Cilacap ini untuk kembali menggunakan bahan alami yang berasal dari tumbuhan dan juga pohon yang ada di sekitar mereka. Pertimbangan akan pasar dari batik warna alami yang tidak terlalu banyak dan ternyata malah memiliki peminat yang cukup besar dari dunia internasional menjadi salah satu pertimbangannya. Saat ini di daerah Cilacap terdapat lima pusat pembuatan batik tulis tradisional yang salah satunya adalah batik Rajasa Samas.

Produsen batik tulis ini telah berhasil mengirimkan kain batik produksi mereka dalam jumlah yang terbatas ke beberapa wilayah di luar negeri. Banyaknya pusat pembuatan batik tulis di wilayah Cilacap ini maka perlu adanya dorongan kepada para pembuat batik ini untuk memiliki nilai yang lebih dalam motif batik tulis yang mereka ciptakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan warna alami yang dapat menjadi nilai tambah dalam batik yang dijual di luar negeri dan juga pada para pecinta batik di dalam negeri. Pemikiran ini didasarkan dengan tingginya kesadaran masyarakat untuk kembali menggunakan bahan alami agar alam dapat bertahan dan juga tetap lestari.

Source Pembuatan Batik Cilacap Batik
Comments
Loading...