infobatik.id

Pembatik Tegal Khawatir Tidak Memiliki Penerus

0 14

Pembatik Tegal Khawatir Tidak Memiliki Penerus

Sejumlah perajin Batik Tegalan yang ada di Kota Tegal mengaku khawatir karena tidak memiliki penerus yang bersedia menjadi pembatik tulis. Saat ini banyak anak muda yang memilih merantau ke Jakarta setelah lulus sekolah, dari pada menjadi tenaga pembatik di kampung. Padahal saat ini pesanan Batik Tegalan semakin meningkat, seiring semakin dikenalnya jenis batik tersebut di pasaran. Oleh karena itu, mereka berharap ada pelatihan batik Tegalan untuk generasi muda, termasuk di lingkungan anak-anak sekolah. Sentra batik Tegalan di Kota Tegal terdapat di Kelurahan Kalinyamat, Kecamatan Tegal Selatan, Kota Tegal. Salah seorang pembatik di Kalinyamat, Korilah, menuturkan, tenaga pembatik yang ada saat ini sekitar 100 orang, dan hampir semuanya ibu rumah tangga.

Rata-rata satu lembar kain batik tulis bisa diselesaikan oleh satu pembatik dalam waktu satu minggu. Dengan demikian, produksi yang dihasilkan pun terbatas. Padahal, pesanan kain batik terus meningkat. Diungkapkan Korilah, dalam sebulan ia bisa mendapatkan pesanan kain batik 30-50 lembar. Kain batik itu dijual Rp 90.000-Rp 200.000 per lembar. Motif Batik Tegalan yang dijual di antaranya Kawung, Cempaka Putih, Beras Mawur, Benang Pedhot, Mayang Jambe, dan Grandil. Dengan empat tenaga kerja yang dimiliki, ia masih kesulitan untuk memenuhi pesanan tersebut. Untuk mencari tenaga baru, ia mengalami kesulitan karena tidak banyak anak muda yang bersedia menjadi pembatik.

Selain karena lama dan butuh ketelitian, keengganan mereka diperkirakan akibat pekerjaan sebagai pembatik dinilai tidak memiliki gengsi. Pelarian Pembatik lainnya, Muniroh, mengatakan, profesi pembatik selama ini dijadikan sebagai pelarian. Dengan adanya pelatihan dan pengenalan batik kepada generasi muda, termasuk pelajar, diharapkan mereka akan tergerak untuk ikut menggelutinya. Selain itu, upaya tersebut juga bisa dilakukan melalui pameran- pameran. Dengan pameran yang aktif, batik Tegalan akan semakin dikenal sehingga memiliki nilai gengsi yang tinggi.

Source https://batiksastro.wordpress.com/ https://batiksastro.wordpress.com/2006/03/23/pembatik-tegal-khawatir-tak-memiliki-penerus/
Comments
Loading...