Pembatik Papua Diajarkan Membatik Prada

0 121

Pembatik Papua Diajarkan Membatik Prada

Bank Indonesia menggelar pelatihan membatik prada di Galeri Batik Putri Dobonsolo, Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua, milik Mariana Pulanda Ibo atau biasa disapa Mama Ibo. Manager Fungsi Pelaksanaan Pengembangan UMKM, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Yon Widiyono menjelaskan membatik prada yang berarti memberikan tinta emas pada batik biasa, agar lebih indah dan memberikan tampilan yang berbeda.

Kelompok Batik Putri Dobonsolo merupakan UKM binaan Bank Indonesia Provinsi Papua. Selama ini, Bank Indonesia melihat batik yang dikerjakan oleh anggota kelompok binaanya, hanya sebatas batik biasa. Sebagai informasi, peserta pelatihan selain dari kelompok batik Putri Dobonsolo, juga kelompok PKK dan sejumlah pelajar dari SMK Negeri 5 Kabupaten Jayapura.

Yon menjelaskan, membatik mengandung unsur budaya, sehingga pihaknya perlu mengikutsertakan pelajar, agar budaya membatik bisa diteruskan oleh generasi muda. Dalam kegiatan ini, juga terlihat sejumlah pembatik dari Jimmy Affar yang memiliki kelebihan dari sisi fashion kekinian. Ketua Kelompok Batik Putri Dobonsolo, Mariana Pulanda Ibo menyampaikan terimakasih kepada Bank Indonesia Provinsi Papua yang telah membina dirinya dan kelompok pembatik lainnya.

Source https://kabarpapua.co/ https://kabarpapua.co/pembatik-papua-diajarkan-membatik-prada/
Comments
Loading...