Pembatik Desa Parpingan Banyumas Diundang Ke India Untuk Melatih

0 133

Pembatik Desa Parpingan Banyumas Diundang Ke India Untuk Melatih

Batik adalah kain yang dilukis menggunakan canting dan cairan lilin malam sehingga membentuk lukisan-lukisan bernilai seni tinggi diatas kain mori. Batik berasal dari kataamba dan tik yang merupakan bahasa jawa, yang artinya adalah menulis titik. Kalau jaman dulu disebutnya ambatik. Batik ini sudah trerkenal di berbagai dunia, salah satunya adalah India.

KBRN Banyumas: Sebagai ujud syukur, ribuan warga desa Papringan kecamatan Banyumas, menggelar acara Sedekah Bumi. Dua gunungan hasil bumi seperti sayuran, palawiya dan hasil kebun warga Desa Papringan di arak sepenjang 1 kilo meter dari depan SD Papringan menuju Balai desa.

Ia mengatakan, sejak tahun 2007 ia menjabat sebagai Kades setiap tahun menggelar sedekah Bumi atau suran setiap Bulan Sura. Menurutnya program kluster pengembangan batik Papringan, setelah mendapat pendampingan, dan bimbingan baik berupa pelatihan maupun bantuan modal dari Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan Purwokerto, telah menuai hasil.

Source http://rri.co.id http://rri.co.id/lhokseumawe/post/berita/315472/banyumas/pembatik_desa_parpingan_banyumas_diundang_ke_india_untuk_melatih.html
Comments
Loading...