Pembatik Borobudur Dituntut Semakin Kreatif

0 28

Pembatik Borobudur Dituntut Semakin Kreatif

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meningkatkan kemampuan para pembatik di kawasan Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, agar berani menghadapi persaingan dengan produk serupa dari berbagai daerah. Peningkatan kemampuan mereka, menurut Wati, juga menyangkut manajemen pemasaran atas produk batik mereka yang khas Borobudur. Dia mengatakan produk batik setempat umumnya mengeksplorasi berbagai motif yang bersumber dari inspirasi atas warisan peradaban dunia yang dibangun sekitar abad ke-8 itu.

Pada kesempatan itu, Wati menyebut kuatnya gereget para perajin batik kawasan Candi Borobudur untuk mengembangkan kemampuan diri agar produknya semakin berkualitas. Ketua Peguyuban Batik Kawasan Candi Borobudur “Mandala” Kabupaten Magelang, Jack Priyono mengatakan pelatihan dan pendampingan oleh Kemenparekraf selama ini telah meningkatkan kemampuan pembatik di daerah setempat. 

Menurut Jack, banyak inspirasi yang bisa diperoleh dari Candi Borobudur untuk pengembangan usaha batik kawasan. Para perajin batik berasal dari sejumlah desa di sekitar Candi Borobudur yang mengikuti pameran tersebut, antara lain Kelompok Tingal dan Lumbini (Desa Wanurejo), Chatra dan Mandala (Desa Borobudur), Noreh dan Makara (Desa Majaksingi), Menoreh (Desa Giritengah) dan Watu Kendil (Desa Candirejo).

Berbagai produk batik kawasan Candi Borobudur, antara lain dengan nama motif Chatra dan Sekar Buddha (Kelompok Chatra), Mandala dan Lotus (Kelompok Mandala), Daun Singkong (Kelompok Noreh), Cengkih (Kelompok Makara), Candi (Kelompok Menoreh), Kembang Kates dan Kalpataru (Kelompok Watu Kendil), Stupa Ceplok (Kelompok Tingal), Liman dan Sidoluhur Mbuduran (Kelompok Lumbini). Pembukaan pameran batik SKR Magelang juga ditandai pentas musik truntung oleh Sanggar Warangan Merbabu, Kecamatan Pakis, Kabupaten Magelang pimpinan Handoko dan peragaan busana khas batik kawasan Candi Borobudur oleh anggota kelompok paguyuban tersebut.

Source https://travel.kompas.com/ https://travel.kompas.com/read/2014/10/18/160800027/Pembatik.Borobudur.Dituntut.Semakin.Kreatif
Comments
Loading...