Pembangunan Sentra Industri Batik Ponorogo Mulai Terwujud

0 218

Sentra Industri batik Ponorogo akan mulai terwujud. Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni membangun sebuah tempat sebagai sentra Wisata Batik yang terletak di lahan seluas 3 hektar di Keluharan Tambakbayan Kecamatan Ponorogo Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Pembangunan yang akan dilakukan di belakang Sub-Terminal Tambakbayan ini sudah berjalan 62 persen pengerjaan. Proyek yang didanai dari APBN senilai lebih dari Rp 7 miliar ini diprediksi rampung pada akhir November nanti.

Komplek kawasan kampung batik ini memiliki kapasitas 80 pengrajin, yang terbagi dalam beberapa bagian yakni bangunan produksi, bangunan display , ruang penjemuran, serta Kantor UPT Dinas Perdagangan Koprasi dan Usaha Mikro (Perdagkum). Diharapkan sentra ini nantinya bisa mengakomodir seluruh kegiatan pengrajin batik. Kawasan ini juga dilengkapi Intalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) untuk mengolah seluruh limbah produksi batik.

Kepala Dinas Perdagkum mengatakan bahwa pembangunan sentra industri batik atau yang lebih dikenal dengan kampung batik ini merupakan upaya Pemkab dalam mengakomodir dan memberdayakan UKM Batik di Ponorogo. Sehingga mampu berkembang dan memperluas jangkuan pasar agar masyarakat Ponorogo tidak sulit untuk mencari batik.

”Ini merupakan impian lama UKM Batik di Ponorogo. Dengan adanya sentra ini pembinaan mereka semakin mudah sehingga mereka bisa berkembang, tidak hanya itu jangkuan pasar mereka juga akan menjadi luas,” ujar Addien.

Sentra Industri Batik ini akan bersanding dengan Sentra Kerajinan Reog yang akan mulai dibagun tahun 2018 nanti. Dua kawasan ini nantinya akan diresmikan menjadi sebuah kawasan wisata kerajinan, yang akan menjadi ikon wisata kabupaten. Diharapkan kawasan ini bisa mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan membawa peningkatan ekonomi bagi UKM Batik dan Reog di Ponorogo.

Source Pembangunan Sentra Industri Batik Ponorogo Mulai Terwujud Sentra Industri Batik Ponorogo
Comments
Loading...