Pemasaran Batik Sragen

0 214

Pemasaran Batik Sragen

Pemasaran Batik Sragen yang dilakukan oleh banyak perajin sudah mampu menembus pasar luar negeri. Misalnya Malaysia, Jepang, Singapura, Brunei, beberapa negara Eropa, dan sebagian kecil ke Amerika. Sedangkan untuk pasar dalam negeri lebih besar lagi, dapat dikatakan sudah ke seluruh Indonesia. Banyak juga perajin yang menjadi supplier tetap untuk seragam Pemda di Luar Jawa, misalnya disumatra Jambi, Papua, Kalimantan Timur, dan lain-lain. Ada juga yang menjadi pembuat seragam batik untuk berbagai perusahaan swasta.

Pemerintah Kabupaten Sragen telah banyak melakukan bantuan maupun pembinaan untuk perajin batik. Mulai dari permodalan, bantuan peralatan, maupun berbagai pelatihan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas batik. Pemasaran batik juga dibantu lewat berbagai pameran yang difasilitasi pemerintah, hal ini untuk mendorong industri batik rakyat agar dapat terus eksis, berkembang.

Untuk menjaga lingkungan produksi batik agar tidak tercemar Pemerintah Kabupaten Sragen membangunan IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah) di Desa Kliwonan. IPAL ini dibangun sebagai sarana untuk mencegah dan mengurangi paparan limbah hasi kegiatan industri batik, selain hal itu pemerintah juga memperhatikan upaya-upaya pelestarian lingkungan. Saat ini jaringan pipa induk IPAL sudah selesai dan tinggal menunggu penyelesaian pembangunan instalasi pengolahannya.

Source http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/ http://makalahpendidikanseni.blogspot.co.id/2015/01/artikel-batik-sragen-jawa-tengah.html
Comments
Loading...