Pemanfaatan Kain Tenun Dobby Sebagai Bahan Batik

0 288

Pemanfaatan Kain Tenun Dobby Sebagai Bahan Batik

Kain batik dobby merupakan jenis batik yang dibuat dengan menggunakan bahan dobby. Sejenis bahan kain yang diperoleh dari kombinasi antara katun dan polyester. Campuran bahan alami dan sintetis ini akan menghasilkan kain katun yang terlihat memiliki motif serat kotak-kotak atau garis-garis, dan terkadang abstrak.  Selain dibuat dari campuran katun dan polyester, terdapat pula jenis dobby yang dibuat menggunakan bahan 100% benang katun mesres bakar bulu (katun yang melalui proses bakar bulu) dan dobby yang terbuat dari bahan benang sutra.

Seperti halnya katun prima dan primissima, kain dobby sendiri sebenarnya juga tersedia dalam beberapa tingkatan, mulai dari yang halus sampai yang kasar. Pada dobby yang paling halus pun biasanya akan terasa serat-seratnya yang menonjol. Untuk warnanya sebagian besar didominasi warna putih yang terkesan eksklusif. Motif-motif yang ditampilkan pada kain dobby pun juga sangat meragam meski sebagian besar didominasi oleh pola motif geometris. Adapun  beberapa motif dobby yang paling terkenal diantaranya berupa Motif Herringbone, Dobby Baron, Dobby Crystal, Dobby Salur, dan Dobby Kotak-Kotak.

Meskipun kelembutan kain dobby tidak sebaik kain sutra, namun kain dobby masih termasuk ke dalam jenis kain kualitas menengah ke atas. Tidak heran jika kain dobby banyak dipakai untuk bahan dasar batik premium atau langsung dipakai untuk bahan busana. Dalam bentuk batik, kain dobby ini akan terlihat lebih eksklusif sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membuat blus, kemeja, rok, baju koko, selendang, bahkan sebagai kado atau souvenir. Pakaian dengan bahan dasar kain dobby rata-rata terasa dingin saat dipakai dan juga dapat menyerap keringat. Sebelum dibuat menjadi produk pakaian, kain katun dobby harus dicuci terlebih dahulu untuk mendapatkan ukuran kain yang sebenarnya. Setelah itu bisa diproses lebih lanjut.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/pemanfaatan-kain-tenun-dobby-sebagai-bahan-batik/
Comments
Loading...