Pelestarian Batik Tulis Bakaran

0 120

Pelestarian Batik Tulis Bakaran

Ada beberapa cara yang digunakan baik pemerintah Kabupaten Pati maupun masyarakat disekitar dalam melestarikan Batik Tulis Bakaran antara lain:

  1. Pemerintah daerah Kabupaten Pati mewajibkan pegawai negeri sipil untuk memakai batik tulis Bakaran selama dua kali selama sepekan.
  2. Pemerintah Kabupaten Pati mengikut sertakan pengrajin ke sejumlah event pameran mulai dari pameran lokal sampai nasional.
  3. Pemerintah kabupaten Pati menggagas pembentukan pengorganisasian batik tulis sehingga membantu pemodalan pengrajin Batik Tulis Bakaran.
  4. Para pengrajin banyak yang memiliki showroom- showroom yang memamerkan hasil kerajinan batik mereka.
  5. Beberapa pengrajin Batik Tulis Bakaran sudah  menggunakan social mediaseperti facebook, instagram, line, whatsapp, dan lain-lain sebagai media pemasaran.
  6. Pemerintah Kabupaten Pati menyediakan tempat oleh-oleh khas Pati di pasar Pragolo Pati mulai dari makanan hingga kerajinan. Jadi pengunjung bisa langsung datang ke pasar Pragolo pati untuk melihat-lihat khususnya melihat kerajinan batik tulis Bakaran.
  7. Pemerintah Kabupaten Pati terus mengusahakan pematenan Batik Tulis Bakaran. Karena baru 90 motif dari semua pengrajin yang sudah dipatenkan. Hal ini karena minimnya kesadaran dari para pengrajin untuk mematenkan hasil karya mereka. Selain itu dengan mematenkan memerlukan biaya yang cukup mahal sehingga mereka beranggapan lebih baik uang untuk mematenkan digunakan untuk tambahan modal. Selain itu proses pematenan memerlukan waktu yang cukup lama.
Source http://www.rumahbatikbakaran.com/index.php http://www.rumahbatikbakaran.com/index.php/component/content/article/15-artikel/18-bentuk-pelestarian-batik-tulis-bakaran?Itemid=101
Comments
Loading...