Pelestarian Batik Sumedang

0 44

Pelestarian Batik Sumedang

Pada awalnya Kabupaten Sumedang bukanlah daerah yang memiliki tradisi untuk membatik. Seiring perkembangan dan pertautan budaya, serta kreatifitas warganya maka munculah batik di Sumedang pada pertengahan tahun 90-an. Namun pada tahun 2004, usaha Batik Sumedang mulai mengalami penyusutan dan juga kerugian. Terutama setelah populernya tekstil bercorak batik. Masuknya tekstil bercorak batik mengubah konstelasi Batik Kesumedangan pun hilang dari pasaran. Sejak dicanangkannya Kabupaten Sumedang sebagai “Puseur Budaya Sunda”, harusnya Batik Sumedang mendapatkan tempat perhatian yang lebih. Batik Sumedang susah berkembang karena persoalan klasik, yaitu permodalan dan regenerasi pembatik. Karena sekarang generasi muda nampaknya kurang ataupun tidak meminati dalam pembuatan batik.

Hal itu sebenarnya tidak harus terjadi jika Pemda mau peduli dengan cara memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada masyarakat untuk membuat produksi rumahan sehingga dengan sendirinya akan dapat meningkatkan taraf penghasilan masyarakat.

Sebagai salah satu usaha nyata dari Pemerintah Daerah, seharusnya Bupati mengeluarkan Surat Instruksi kepada Dinas terkait, untuk memberikan program pendidikan atau pelatihan untuk masyarakat umum dan menginstruksikan untuk membuat program kejuruan di SMK atau program ekstra kulikuler dari mulai tingkat SD, SMP dan SMA, supaya cara pembuatan batik tersebut dikenal oleh masyarakat maupun anak-anak sekolah. Untuk merangsang kreatifitas masyarakat dan anak-anak didik, setiap tahunnya dapat diadakan lomba mendesain motif batik yang terinspirasi dari budaya asli daerah Sumedang.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-sumedang/
Comments
Loading...