Pelestarian Batik Pring Khas Magetan

0 76

Pelestarian Batik Pring Khas Magetan

Motif Batik Pring Khas Magetan memiliki ciri khas berupa gambar rumpun bambu yang di atasnya ada gambar bulan. Namun ada juga yang motifnya tanpa ada bulan di atas gambar rumpun bambu tersebut. Batik Magetan memiliki karakter yang kuat, yang dicirikan oleh bebas, dengan warna yang berani (merah, kuning, hijau muda). Untuk membuat batik ini, membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 7 hari untuk menyelesaikan sebuah motif saja. Para pengrajin banyak memodifikasi motif batik Pring Sedapur dengan motif tren selera pasar.

Batik Pring harus tetap dijaga kelestariannya agar tidak hilang tertinggal zaman. Dengan cara mengajarkan dan melatih generasi-generasi muda untuk membuat dan merancang kain batik pring sedapur ini menjadi bahan jadi yang bernilai ekonomis tinggi. Dengan begitu batik pring sedapur dari Desa Sidomukti Magetan ini akan terus berkembang dan berjaya di tengah ramainya persaingan batik di Indonesia. Namun banyak warga desa itu yang enggan untuk membatik. Kebanyakan dari mereka selepas sekolah langsung mencari pekerjaan di kota-kota besar.

Memang telah ada upaya dari Pemda Magetan untuk berusaha melestarikan batik ini, yakni berbagai instansi pemerintah, sekolah atau sejenisnya wajib mengenakan pakaian batik Pring Sedapur. Namun itu saja belum cukup. Melihat kondisi tersebut, seharusnya ada tindakan dari pemerintah untuk berbagai masalah tadi. Seperti membuka lowongan pekerjaan, lalu membangun sebuah home industry batik di berbagai tempat di Magetan, jangan hanya di kawasan Kecamatan Plaosan saja. hal tersebut bertujuan agar orang-orang lain dapat juga ikut melesatarikan motif batik asli Magetan ini.

Source https://fitinline.com/ https://fitinline.com/article/read/batik-khas-magetan-batik-pring/
Comments
Loading...