Pelestarian Batik Indonesia

0 35

Lestarikan Batik Indonesia

Batik Indonesia sebagai keseluruhan teknik, teknologi serta pengembangan motif dan budaya yang terkait, oleh UNESCO telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi yang wajib kita jaga dan lestarikan. Pembatikan di Indonesia pada mulanya merupakan tradisi turun temurun, sehingga kadang kala  suatu motif batik dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif juga juga dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini beberapa motif batik tradisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

Jenis dan corak batik tradisional ini tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang sangat beragam. Budaya bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisional dengan ciri khas yang tersendiri Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik tradisional ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang atau luang.

Batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik kaum wanita maupun kaum pria. Sedangkan ragam corak dan warna batik tradisional dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya batik tradisional memiliki corak dan warna terbatas dan beberapa corak hanya dipakai oleh kalangan orang tertentu. Namun, batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya oleh para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa dan juga mempopulerkan corak phoenix (burung api).

Namun batik tradisional masih mempertahankan coraknya dan masih bisa dipakai dalam upacara-upacara adat karena setiap coraknya memiliki lambang dan arti masing-masing. Pada awalnya baju batik kerap dikenakan pada acara resmi untuk menggantikan jas. Tetapi dalam perkembangan masa Orde Baru baju batik juga dikenakan sebagai pakaian siswa sekolah dan pegawai negeri (Batik Korpri). Selanjutnya batik bergeser menjadi pakaian sehari-hari terutama digunakan oleh kaum wanita.

Source https://www.plukme.com https://www.plukme.com/post/1523755121-lestarikan-batik-indonesia
Comments
Loading...