Pelestarian Batik Banten

0 236

Pelestarian Batik Banten

Pada masa sekarang ini belum banyak orang yang tahu atau mengenal batik Banten. Tetapi, ada beberapa tokoh masyarakat Banten yang peduli akan kelangsungan kelestarian batik Banten, salah satunya adalah Uke Kurniawan yang memiliki rumah industri batik di jalan Bhayangkara, Cipocok Jaya, Serang, Banten. Sudah bertahun-tahun Uke bergelut dan memperkaya motif serta desain batik Banten. Motif yang dibuat adalah kajian dari zaman kesultanan Banten. Untuk melestarikan batik banten, Uke sering memberikan pengetahuan tentang cara membatik yang benar kepada para pelajar di Banten. Berkat usahanya tak sedikit batik buatannya yang diekspor ke sejumlah negara di Eropa dan Asia.

Pelestarian batik Banten yang dilakukan oleh berbagai tokoh masyarakat menjadikan inspirasi semua pihak untuk ikut andil. Partisipasi dalam pelestarian ini merupakan kewajiban mutlak kita semua. Adapun hal-hal yang dapat dilakukan masyarakat untuk turut andil dalam pelestarian batik Banten diantaranya:

  • Mempelajari sejarah batik Banten.
  • Membeli produk batik Banten.
  • Menggunakan berbagai produk atau barang yang bermotifkan batik banten dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mengenalkan anak sedini mungkin tentang batik Banten.
  • Turut mempromosikan batik Banten dengan menjadikannya trending topik di akun jejaring sosial.

Usaha untuk dapat melestarikan batik Banten pun dilakukan instansi pemerintah daerah Banten dengan mewajibkan seluruh staffnya memakai pakaian bermotif batik Banten setiap hari tertentu. Pada akhirnya usaha pelestarian batik Banten merupakan tugas wajib semua pihak agar pada masa mendatang batik Banten bukan hanya bagian dari sejarah warisan budaya, namun menjadi warisan budaya yang mengakar serta berkembang sepanjang zaman.

Source Pelestarian Batik Banten Batik
Comments
Loading...