Pelatihan Perca Batik Banyuwangi

0 210

Pelatihan Perca Batik Banyuwangi Dorong Industri Kreatif Pariwisata

Seiring dengan majunya industri batik yang ada di wilayah Banyuwangi, Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pertambangan (Disperindagtam) Banyuwangi mengadakan pelatihan pengolahan kain-kain sisa (perca). Pelatihan ini diadakan selama 23-28 Agustus 2016 dan diikuti oleh 20 wanita. Mayoritas peserta merupakan ibu rumah tangga yang memiliki keahlian menjahit. Salah satu pendamping yang ditunjuk adalah Doni Artama pemilik usaha tas batik Banyuwangi. Doni menyebut sengaja mengajarkan pembuatan sandal hotel, tas dan asesoris wanita.

Doni dan rekannya semangat membagikan ilmu yang mereka miliki ke semua peserta. Pasalnya keuntungan dari penjualan produk berbahan kain perca batik lumayan tinggi namun dengan biaya produksi yang rendah. Doni kemudian mencontohkan sepasang sandal hotel bisa dijual dengan harga Rp. 4. 500 sampai Rp. 5. 000. Sementara ongkos produksi yang dikeluarkan sebesar Rp 2000 per pasang. Salah satu peserta Dewi mengaku senang dengan pelatihan yang diberikan. Warga dusun Krajan Desa Licin ini mengaku mendapat ilmu untuk berwirausaha.

Kepala Disperindagtam Banyuwangi Hary Cahyo Purnomo mengatakan saat ini pihaknya fokus dengan berbagai produk dari batik. Hary menyebut tidak ingin ada limbah dari industri batik yang terbuang. “Banyuwangi kan pabriknya batik sudah melejit. Sekarang banyak pembatik dan peminatnya banyak. Keindahannya batik kan eman (mubazir) kalau dibuang,” katanya. Hary menyebut pelatihan produk kreasi batik itu sengaja dikhususkan sebagai asesoris. Apalagi seiring berkembangnya pariwisata Banyuwangi dan adanya motif khas, produk tersebut diharapkan menjadi cinderamata yang berkesan. Pemanfaatan limbah untuk asesoris mendukung pariwisata. Sesuai arahan bupati mulai banyak hotel-hotel berbintang di Banyuwangi sehingga sinergi dengan adanya itu.

Source https://news.detik.com/ https://news.detik.com/berita/d-3285400/pelatihan-perca-batik-banyuwangi-dorong-industri-kreatif-pariwisata
Comments
Loading...