Pelangi Wastra Indonesia Sukses Populerkan Batik Ke Museon

0 141

Pelangi Wastra Indonesia Sukses Populerkan Batik Ke Museon

Delapan perancang mode Indonesia, yang tergabung dalam Pelangi Wastra Indonesia, tampil memukau di hadapan publik Belanda, dalam sebuah fashion show bertajuk “The Modest Heritage of Indonesia”.

Acara yang digelar di Museon, Den Haag, pada Jumat, 7 Desember 2018, ini diprakarsai oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Den Haag bekerjasama dengan Pelangi Wastra Indonesia, Sparks Fashion Academy dan didukung oleh Garuda Indonesia serta perancang perhiasan Baroqco dan Ferlin Yoswara (Fyne Jewelry dan SAARAA).

Menurut Renata Siagian, Minister Counsellor Pensosbud KBRI Den Haag, Belanda punya kedekatan sejarah dengan Indonesia. Ada 1,7 juta diaspora Indonesia di Belanda. Jadi kerap kali masyarakat umum Belanda merasa sudah mengenal Indonesia. Padahal yang mereka kenal adalah Indonesia menurut cerita kakek nenek, orang tua dan buku sejarah mereka. Atau dari berita-berita yang kerap juga bias. Bukan Indonesia masa kinin yang sebenarnya.

“Peragaan busana kali ini juga hanya sebagian kecil dari Indonesia. Tetapi dengan membuat program promosi yang menyentuh lebih banyak indera, tentunya diharapkan hal tersebut bisa lebih melekat di hati dan pikiran masyarakat Belanda,” tutur Renata.

Kedelapan perancang mode yang tampil pada fashion show adalah Leny Rafael, yang fokus merancang busana tenun Badui, Adelina Willy Suryani dengan sutra Garut, Rizki Permatasari dengan kain khas Sumba, Dwi Lestari Kartika dengan batik Bekasi, Gita Orlin dengan batik Trenggalek, Melisa A. Bermara dengan karya-karya yang terinspirasi oleh burung Enggang khas Kalimantan, Lala Gozali dengan kain lurik Jawa, dan Putri Permana dengan tas Jepara.

Koordinator Pelangi Wastra Indonesia, Leny Rafael menambahkan, “The Modest Heritage of Indonesia” diselenggarakan dengan tujuan untuk mempromosikan kekayaan dan keragaman budaya Indonesia lewat kain-kain tradisional Indonesia.

Source http://www.tribunnews.com http://www.tribunnews.com/lifestyle/2018/12/20/pelangi-wastra-indonesia-sukses-populerkan-batik-dan-tenun-ke-museon-den-haag
Comments
Loading...