Pelaku Ekonomi Kreatif Latihan Batik di Trotoar

0 37

Pelaku Ekonomi Kreatif Latihan Batik di Trotoar

Pelaku ekonomi kreatif di Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI) Cabang Bojonegoro menggelar pelatihan membatik di area car free day Alon-alon kota, Minggu 21-10- 2018. Ini adalah kali pertama kegiatan membatik yang digagas Komisi Bidang Usaha Kecil Menengah dan Pemberdayaan Ekomoni Kota (PEK)

Pelatihan membatik ini bekerjasama dengan Batik Training Center (BTC) di Jalan MT Haryono 5c Jetak. Pihak PPLIPI menunjuk BTC yang selama ini dikenal kerap menggelar pelatihan membatik.

Menurut Ketua PPLIPI Cabang Bojonegoro Flora Agrishinta, tujuan pelatihan membatik di trotoar, lebih ke sosialisasi ke masyarakat awam. Dengan demikian, masyarakat bisa mengetahui proses cara membatik. “Itu tujuan kami,” ujarnya pada Damarkita.com, Minggu 21 -10- 2018.

Di acara tersebut juga diperagakan cara-cara membatik. Termasuk juga bahan baku dan peralatan yang disiapkan. Seperti kompor, wajan dan canting, juga media lainnya, yaitu kain dan malam. Proses membatik diawali dengan mengambil kain untuk dipola, dengan menggunakan pensil lalu canting,

Sedangkan untuk pewarnaan, penguncian warna, pelorodan atau pembersihan malam, juga diperagakan di depan masyarakat. Peserta praktek membatik merupakan spontanitas dari masyarakat umum yang sedang menikmati hari libur di Alon-alon Kota Bojonegoro. Sebagian dari masyarakat juga telah jauh hari mendaftar kepada PPLIPI.

Mereka yang ikut jadi peserta berasal dari berbagai profesi. Mulai dari ibu rumah tangga, dan juga karyawan. Pihak panitia berharap pelatihan membatik ini bisa menumbuhkan jiwa dan mindseat enterpreuner perempuan2 di Bojonegoro. Selanjutnya para perempuan ini bisa mengembangkan kemampuannya.”Kita berharap kerajinan batik terus dipertahankan,” imbuh Flora Agrishinta.

Source https://damarkita.com https://damarkita.com/pelaku-ekonomi-kreatif-latihan-batik-di-trotoar/
Comments
Loading...