Pejuang Batik Nusantara

0 37

Pejuang Batik Nusantara

Hari ini Indonesia sedang merayakan hari batik nasional dimana pada hari ini 9 tahun yang lalu. UNESCO telah menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbadawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity). Dalam perkembangan batikpun tak terlepas dari adanya para pejuang batik yang dengan kegigihan dan kerja kerasnya terus mempertahankan keberadaan batik di negara yang memiliki beragam budaya ini.

4 pejuang batik nusantara yang ada di Indonesia

Sally Giovani

Sally mampu mendirikan usaha batik sejak tahun 2006 dan memiliki showroom terbesar di Jawa Barat. Ia juga mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pemilik toko batik terluas pada usia termuda yaitu 22 tahun. Usaha yang diberi nama Batik Trusmi ini telah menjual batik ke berbagai belahan dunia seperti Eropa dan Amerika.

Ibnu Riyanto

Bersama dengan istrinya, Sally Giovani, pemuda asal Cirebon ini juga berhasil mendapatkan rekor MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai pemilik toko batik terbesar dan terluas pada usia termuda yaitu 23 tahun pada tahun 2013 lalu dan juga menjadi pemilik Batik Trusmi.

Linda Afriani

Linda adalah pengusaha batik sukses di Yogyakarta yang membuat gebrakan baru yaitu ia mampu mengubah nilai batik yang kuno dan formal menjadi lebih fleksibel dan kekinian. Tidak hanya itu, ia juga mampu mengkombinasikan  budaya dan agama dengan membuat batik, tenun dan lurik untuk dijadikan baju batik muslim. Selain itu, Linda juga telah membawa batik ke Belanda dan beberapa negara di Eropa.

Jimmy Affar

Lelaki asal Papua ini berhasil mengembangkan batik Papua, yaitu batik yang memiliki motif-motif khas suku pedalaman Papua. Batik Papua dengan nama Port Numbay ini telah berhasil dijual sampai ke mancanegara seperti Australia dan Amerika. Mereka adalah contoh tokoh masyarakat Indonesia yang berhasil melestarikan batik di Indonesia bahkan sampai manca negara. Sejauh mana Anda berkontribusi dalam melestarikan batik di Indonesia?

Source https://www.kompasiana.com/ https://www.kompasiana.com/angelsari/5bb356d5bde5750fe211db73/inilah-4-pejuang-batik-nusantara
Comments
Loading...