Peduli Gempa Palu, Penyandang Disabilitas Lelang Batik Ciprat

0 59

Peduli Gempa Palu, Penyandang Disabilitas Lelang Batik Ciprat

Bencana gempa bumi dan tsunami yang melanda wilayah Palu dan Donggala Sulawesi Tenggara menjadi keprihatinan semua elemen masyarakat. Para penyandang disabilitas intelektual membuat batik ciprat bermotif Pulau Sulawesi untuk dilelang dan disumbangkan kepada korban bencana. Pembuatan batik motif khusus ini merupakan inisiatif dari penerima manfaat Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung dalam memeringati Hari Batik Nasional yang diperingati pada Selasa, 2 Oktober 2018.

Adit dilatih membatik secara khusus di bawah asuhan tenaga ahli batik. Adit yang membatik di atas kain putih berjenis katun sepanjang 30 meter dengan lebar 60 sentimeter tidak sekadar menuangkan malam dengan bentuk pulau Sulawesi. Dia juga punya niat untuk menjual batik buatannya itu yang nantinya ingin disumbangkan kepada korban bencana Gempa bumi di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah. Adit yang malu disapa awak media mengatakan butuh waktu dua hari untuk bisa menyelesaikan batik.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala BBRSPDI, Ambarina Murdiati mengatakan, Hati Batik Nasional memicu BBRSPDI mengembangkan keterampilan batik bagi penyandang disabilitas intelektual di BBRSPDI. “Artinya kami telah ikut melestarikan warisan adiluhung ini,” terangnya. Wakil Bupati Temanggung, Heri Ibnu Wibowo yang turut membatik ciprat bersama, melihat potensi ini merasa terkejut dan haru. Sebagai penyandang disabilitas intelektual yang selama ini banyak dipandang sebelah mata mampu dilatih untuk membuat batik yang merupakan ketrampilan cukup sulit. Pihaknya merasa penting untuk turut terlibat dalam pengembangan dan pemasaran produk batik ciprat BBRSPDI.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Temanggung, Ronny Nurhastuti mengatakan, akan menjembatani hasil produk batik ciprat dengan pasar. Salah satunya melalui even Temanggung Fair yang menyediakan ruang bagi produk disabilitas untuk dilelang. 

Source https://serat.id/ https://serat.id/2018/10/01/peduli-gempat-palu-penyandang-disabilitas-lelang-batik-ciprat/
Comments
Loading...