Pecinta Batik Harus Tahu Jenis Batik Indonesia Ini

0 32

Berkat tangan dingin pada desainer batik, kain ini terus berkembang menjadi karya nusantara yang prestisius. Namun, tantangannya adalah kita sendiri belum tahu apa saja pola batik asli Indonesia serta dari mana pola itu berasal. Nah, supaya kita lebih cinta kepada batik yuk cari tau macam-macam pola batik di Indonesia.

1. Pola Batik Kawung

Pola batik kawung berasal dari Yogyakarta. Dulunya, pola batik ini dikenakan untuk keluarga kerajaan. Seperti di ketahui, dulu, pola batik memiliki kastanya sendiri. Ada beberapa motif batik yang memang hanya boleh dikenakan oleh keluarga kerajaan. Salah satunya batik kawung. Pola ini mengadopsi dari buah kolang kaling dari batang pohon aren. Ada juga yang mengaitkan pola ini dengan binatang kuwangwung. Sementara filosofi dari pola batik kawung ialah agar senantiasa manusia selalu berguna bagaikan pohon aren yang dari ujung daun hingga akar sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

2. Batik Pola Parang

Pola batik parang ini membentuk huruf S, sehingga terakit antar asatu dan yang lainnya. Makna dari batik parang ialah pantang menyerah dalam mengarungi kehidupan. Untuk itu parang sering dikaitkan dengan keberanian hidup.

3. Pola Batik Lereng

Lereng ialah jenis batik geometris dengan pola diagonal. Geometris bisa terlihat pada susunan pola yang berulang dan membentuk corak yang sama. Pola diagonal dari lereng juga ditemukan pada pola batik parang. Dan untuk pola geometris ditemukan dari motif banji, dan ceplok. Atik lereng juga dikenal sebagai batik khusus keluarga kerajaan. Adanya pola batik lereng disebabkan karena lereng menjadi tempat persembunyian keluarga Keraton Kartasura agar terhindar dari malapetaka.

Source https://tabinaco.net https://tabinaco.net/pecinta-batik-harus-tahu-jenis-batik-indonesia-ini
Comments
Loading...