Pebatik Jabar Lebih Pilih Zat Pewarna Kimia Dari Pada Zat Alami

0 30

Pebatik Jabar Lebih Pilih Zat Pewarna Kimia Dari Pada Zat Alami

Para perajin batik yang ada di Jawa Barat lebih memilih zat pewarna kimia dibandingkan zat pewarna alami karena lebih murah sehingga menekan biaya produksi. Dodah Saodah, perajin Batik Garutan bermerek Tulen, mengatakan peminat batik yang menggunakan pewarna alami masih sedikit sehingga daya serap pasar pun masih relatif rendah.

Selain itu, lanjutnya, kain batik berpewarna alami harganya bisa tiga kali lipat dari harga batik biasa. Kain batik dengan pewarna alami harga per lembarnya di atas Rp. 1,2 juta, sedangkan kain dengan warna kimia, jauh lebih murah dari itu. Ria Triwanto, pebatik sekaligus General Manager Lembur Batik Cimahi mengungkapkan pewarna alami sulit didapatkan, berbeda dengan pewarna kimia.

Pewarna alami hanya ada di sentra batik Pekalongan, itu pun untuk mendapatkannya memang harus menunggu karena produksi pewarna alami di sana masih terbatas. Lembur Batik Cimahi hanya memroduksi kain batik dengan pewarna alami, berdasarkan pesanan konsumen tertentu saja, sedangkan sebagian besarnya menggunakan zat pewarna kimia.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20110214/3/25346/pebatik-jabar-lebih-pilih-zat-pewarna-kimia-daripada-zat-alami
Comments
Loading...