infobatik.id

Pebatik Di Cimahi Belum Berniat Ekspor

0 25

Pebatik Di Cimahi Belum Berniat Ekspor

Para perajin batik di Kota Cimahi belum berniat ekspor pada tahun ini karena masih kecilnya serapan pasar dan promosi. Ria Triwanto, General Manager Lembur Batik Cimahi mengatakan masih memerlukan waktu yang cukup panjang untuk ekspor seperti pebatik lainnya yang sudah lebih dulu eksis. “Kami tidak mau main-main dengan pasar ekspor, kalau pun sekarang dipaksakan, hasilnya tidak akan memuaskan,” katanya.

Dia mengatakan perajin di wilayahnya saat ini lebih memilih untuk mengoptimalkan pasar dalam negeri karena potensinya masih jauh lebih besar dibandingkan dengan pasar ekspor. Lembur Batik sendiri, katanya, lebih banyak menggarap seragam batik untuk pasar korporat, dinas pemerintah kota, hingga sekolah-sekolah yang ada di Kota Cimahi. “Saat ini kami sudah mengerjakan seragam untuk bank-bank, dan dinas-dinas di tingkat Pemkot Cimahi,” ujarnya.

Pebatik, cukup terbantu dengan anjuran Wali Kota Cimahi mengenai penggunaan seragam batik di lingkungan kerja, sekolah, dan lingkungan sosial lainnya. Untuk ekspor, harus lebih diperbanyak promosi melalui pameran-pameran sehingga buyers pun mengenal batik Cimahi ini. Sekarang saja, untuk pameran masih jarang.

Source http://bandung.bisnis.com/ http://bandung.bisnis.com/read/20110209/3/23930/pebatik-di-cimahi-belum-berniat-ekspor
Comments
Loading...