Patung Lilin Jokowi Pakai Batik

0 67

Pada tanggal 17 Agustus 2017 yang baru lalu, patung lilin Presiden Jokowi di Museum Madame Tussauds Hong Kong, yang semula mengenakan kemeja putih, kini diganti dengan kemeja batik. Cara ini sebagai bentuk apresiasi pada kain khas Indonesia yang telah menjadi warisan budaya dunia oleh UNESCO di 2009 silam.

Setelah lebih dari tiga bulan mengenakan baju putih ciri khasnya, mulai tanggal 12 Agustus 2017, kemeja batik akan menghiasi patung lilin Presiden Joko Widodo di Museum Madame Tussauds Hong Kong. Baju batik yang dipakai oleh patung lilin Jokowi sendiri merupakan baju batik asli milik Jokowi dan pernah dipakai oleh Jokowi. Menurut infonawacita.com, hal tersebut menegaskan kembali ungkapan Presiden Jokowi saat mengunjungi Museum Madame Tussauds Hong Kong pada 1 Mei 2017 lalu. Pada kunjungan tersebut Presiden menjelaskan jika patungnya akan mengenakan kemeja batik. Kemeja batik yang dipasangkan di patung lilinnya itu memang asli miliknya sendiri.

Nuansa beda sangat terasa karena aroma khas Batik yang berasal dari bahan-bahan pewarna alami pembuatan batik seperti kulit-kulit kayu dan bahan yang lainnya ini menyebar ke seluruh ruangan museum. Hal inilah yang membuat para pengunjung ingin mendekat dan menghirup wanginya.

Ini salah satu cara Presiden Jokowi mempromosikan pariwisata Indonesia. Batik ini pakaian tradisional asli Indonesia, sudah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Oleh sebab itu beliau berharap, pengunjung khususnya dari Indonesia dapat merasa seperti di ‘rumah’ sendiri. Ini sekaligus mengenalkan batik sebagai budaya asli Indonesia kepada pengunjung dari berbagai negara.

Selain mengganti kemejanya dengan Batik, Jokowi bersama Ibu Negara Iriana juga  berharap figur patungnya tersebut dapat lebih mempromosikan pariwisata Indonesia. Backgroundnya saya minta diganti setiap bulan. Bisa Labuan Bajo, Bali, Raja Ampat, Danau Toba, terus diganti backgroundnya. Ini saya kira bagus untuk (promosi) pariwisata kita. Figur lilin Jokowi ini menjadikan satu-satunya kepala negara aktif di Asia Tenggara yang menghiasi museum tersebut.

Source http://traveltodayindonesia.com/patung-lilin-jokowi-pakai-batik-gaung-wonderful-indonesia-makin-menarik/ http://traveltodayindonesia.com
Comments
Loading...