Patih Keraton Kanoman Lelang Batik Kesayangan

0 120

Patih Keraton Kanoman Lelang Batik Kesayangan

Patih Keraton Kanoman Cirebon yaitu Pangeran Raja Moch Qodiran melelang enam batik kesayangannya yang dibuatnya sendiri selama bertahun-tahun. Salah satu dari batik yang dilelang bermotif Lawangabang. Setiap batik yang dilelangnya memiliki filosofi mendalam. Motif Lawangabang, contohnya, memiliki filosofi bahwa manusia selama hidup tidak boleh memiliki hati dan prasangka buruk pada orang lain. Jika manusia memiliki hati dan prasangka buruk kepada orang lain, sifat tersebut akan luluh dengan sendirinya ketika melewati salah satu bangunan kuno yang ada di Keraton Kanoman bernama Lawangabang.

“Dulu saya buat batik ini empat tahun dan ini batik saya yang buat sendiri saya lelang untuk ikut serta mendukung gerakan kampanye teman-teman aktivis lingkungan ke masyarakat,” kata Patih Keraton Kanoman. Selain Motif Lawangabang, ada pula batik bermotif Loksan. Motif itu memiliki perlambang bahwa manusia harus selalu dekat dengan Sang Pencipta Allah SWT, berbuat baik dengan sesama manusia, dan menghargai alam.

Untuk Motif Sumping Krisna, lanjut Patih Qodiran, menggambarkan sosok pemimpin yang baik harus memiliki tiga unsur yakni kebijakan, ketegasan dan kearifan.

Lainnya adalah batik bermotif Naga Uta-Uta yang merupakan perlambang seorang pemimpin. Motif itu mengandung makna bahwa pemimpin harus bisa mengayomi masyarakatnya. Motif batiknya meliuk liuk karena menjadi pemimpin memang tidak mudah selalu ada tantangan dan masalah yang harus dihadapi dengan kepala dingin.

Qodiran mengatakan rela dan ikhlas melelang batik kesayangannya yang menjadi koleksinya. Dana hasil lelang batik tersebut, kata dia, akan disumbangkan kepada komunitas Jaga Kali Art Festival untuk membiayai kampanye lingkungan.

Source http://www.liputan6.com/ http://regional.liputan6.com/read/3159882/patih-keraton-kanoman-lelang-batik-batik-kesayangan-buat-apa http://lifestyle.liputan6.com/read/2856024/mengenal-truntum-motif-batik-bermakna-kasih-sayang-dan-kesetiaan
Comments
Loading...