Pasangan Kembar Batik Truntum Garuda untuk Keempat Orang Tua di Pelaminan

0 28

Pasangan Kembar Batik Truntum Garuda untuk Keempat Orang Tua di Pelaminan

Batik ini juga memiliki unsur motif garuda yang melambangkan bahwa harapan yang begitu besar untuk kedua pasangan mampu menggapai cita dan cintanya setinggi angkasa. Kemudian mampu kembali membumi dan menjunjung tinggi orangtua pasangan berdua dan mampu membahagiakan mereka.

Kalau orang Jawa mengatakan pasangan kembar ini sebagai sarimbit, karena kebanyakan kedua orang tua mempelai akan menggunakan batik dengan motif dan warna yang sama sebagai perlambang bahwa mereka telah merestui pernikahan kedua mempelai yang saling menyayangi tersebut.

Pasangan kembar truntum garuda ini juga memiliki makna bahwa dalam setiap cantingan batik pasti memiliki perbedaan dan nilai khas tersendiri, baik itu dari motif, dari ukel maupun dari ceceknya. Dan sama halnya dengan manusia, untuk itu tidak perlu membandingkan sesuatu dengan yang lain, apalagi sampai merendahkan apa yang orang lain miliki.

Kerendahan hati dan kesederhanaan tersebut dibungkus rapi dalam sebuah kain yang dinamakan motif truntum garuda, sebuah cinta dan pengharapan yang tinggi untuk menjadikan hidup di masa depan dengan lebih baik dan lebih harmonis.

Source http://indonesianbatik.id http://indonesianbatik.id/2018/10/03/pasangan-kembar-batik-truntum-garuda-untuk-keempat-orang-tua-di-pelaminan/
Comments
Loading...