Parade Batik Salem di Karnaval Brebes

0 114

Parade Batik Salem di Karnaval Brebes

Berbeda dengan tahun lalu, karnaval kali ini lebih banyak menampilkan kekhasan daerah di antaranya menampilkan batik khas Brebes atau yang dikenal dengan Batik Salem. Dari sejumlah kelompok peserta karnaval memperagakan busana dari Batik Salem yang dikombinasikan dengan balutan kain lain.

Gelaran karnaval tersebut menjadi ajang untuk memperkenalkan batik khas Brebes itu. Lantaran, karnaval seni dan budaya setahun sekali itu menarik minat ribuan warga yang berdatangan sejak siang dan mengular disepanjang jalan protokol Bumiayu, Jalan P Diponegoro. Batik Salem yang ditampilkan pun beragam mulai dari minimalis hingga berukuran besar. Misalnya, peserta karnaval dari SMPN 2 Bumiayu yang menampilkan batik khas Brebes dengan tema go green. Dengan warna dominasi hijau, seratus peserta dari sekolah itu menampilkan batik Salem dengan hiasannya.

Lain halnya dengan kelompok dari SMA Bustanul Ulum Nahdlatul Ulama (BU NU) Bumiayu. Kelompok ini menampilkan kostum dengan kombinasi kebaya dan batik Salem pada bagian bawah atau rok. “Berbagai motif yang dipakai kelompok kami. Ada motif telur asin, bawang merah, dan beras uwur,” kata seorang peserta karnaval dari SMA BU NU, Sri Ramadhanti. Butuh dua pekan untuk persiapan mengikuti karnaval. Mulai dari membuat desain kostum Batik Salem yang dikenakan rombongan kontingen sekitar 20 orang.

Source http://jateng.tribunnews.com/ http://jateng.tribunnews.com/2016/08/20/parade-batik-salem-di-karnaval-brebes http://jateng.tribunnews.com/tag/karnaval
Comments
Loading...