Para Desainer Batik di Kulonprogo Bakal Unjuk Gigi

0 110

Para Desainer Batik di Kulonprogo Bakal Unjuk Gigi

Para desainer batik yang ada di Kabupaten Kulonprogo bakal tampil memeriahkan Fashion Day Carnival yang dikemas bersamaan dengan Kirab Budaya Menoreh di Kulonprogo pada 14 Oktober 2015 mendatang. Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olarga Kulonprogo, Krissutanta, mengatakan acara tersebut terilhami oleh kegiatan serupa di Jember. Dalam event tersebut, Kulonprogo bakal menampilkan kelompok desainer, terutama batik. Mereka akan melakukan kirab mulai dari kompleks UNY Wates menujut halaman Pemkab Kulonprogo. “Kegiatan ini sekaligus memeriahkan hari jadi Kabupaten Kulonprogo ke 64,” kata Krissutanta.

Kabid Kebudayaan, Joko Mursito, menambahkan selain kirab para desainer batik, acara itu juga akan dimeriahkan penampilan kesenian unggulan Kulonprogo. Panitia bahkan tidak hanya memberi kesempatan pada pelaku seni lokal, tetapi juga menampilkan kesenian dari luar Kulonprogo termasuk Jawa Tengah. Sudah ada 20 grup yang terdaftar. Mereka juga berasal dari Temanggung, Kebumen, Solo, dan sekitarnya.

Selain kirab budaya dan para desainer, acara tersebut juga akan menampilkan arak-arakan gerobak sapi yang sebagaimana biasanya tampil lengkap dengan dekorasinya. Joko menambahkan bahwa acara tersebut melibatkan pelaku seni dan budaya dari berbagai daerah karena Kulonprogo dahulu pernah menjadi pertemuan wilayah kerajaan Mataram.

Source http://jogja.tribunnews.com/ http://jogja.tribunnews.com/2015/10/12/para-desainer-batik-di-kulonprogo-bakal-unjuk-gigi
Comments
Loading...