Pantangan Pada Batik Batang

0 96

Pantangan Pada Batik Batang

Ciri khas batik Rifaiyah tiga negeri, yakni larangan penggambaran motif hewan secara utuh pada lembaran kain. Alasannya, mereka meyakini menggambar makhluk hidup itu berdosa. Adapun proses pembuatannya membutuhkan waktu minimal tiga minggu, ada yang dua bulan, bahkan enam bulan untuk sehelai kain.

Atas kerja keras pembatik, kain batik Rifaiyah termurah adalah Rp 350 ribu. Itu pun untuk batik kasar. Untuk batik sedang mencapai Rp 4 juta, batik halus dijual Rp 6,5 juta, dengan pemasaran seluruh Indonesia, Singapura, Malaysia, India, dan Korea, Jepang, Yunani, Amerika, Swedia.

Batik Rifaiyah murni merupakan batik tulis. Warga tidak mau mengubahnya menggunakan mesin karena demi mempertahankan tradisi, sehingga hanya melayani pesananan terbatas. Mereka membatik bukan menjadi bagian hidup, karena kalau secara ekonomi tidak memungkinkannya. Semangatnya hanya mempertahankan tradisi dan warisan leluhur.

Source https://www.liputan6.com/ https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3657364/cerita-batik-rifaiyah-batang-yang-bikin-gubernur-jateng-merinding?source=search
Comments
Loading...