Pameran Batik Warisan Budaya VII angkat Batik Sogan Klasik

0 287

Pameran Batik Warisan Budaya VII angkat Batik Sogan Klasik

Kementerian Industri (Kemenperin) menyelenggarakan pameran batik warisan budaya yang ke VII selama empat hari di lobi gedung Kemenperin Jalan Gatot Subroto, Kavling 52-53, Jakarta Selatan. Pameran batik yang mengangkat tema ‘Sogan Seni Batik Klasik’ resmi dibuka pada 30 September sampai 3 Oktober 2014 sejak pukul 09.00-17.00 WIB. Industri batik merupakan salah satu sektor yang mempunyai kedudukan, potensi dan peran strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang semakin berkembang.

Karena itu, Kemenperin terus mendorong pengembangan industri batik di Indonesia. Dirjen Industri, Argo Panggah Susanto mengatakan batik merupakan warisan budaya Indonesia dan juga identitas bangsa, oleh sebab itu harus diberikan penghargaan berupa perlindungan. “Perlindungan bagi para pembatik atas karya intelektualnya yang bertujuan untuk mencegaj terjadinya penggunaan atau pemanfaatan budaya tradisional Indonesia khususnya seni batik tradisional yang dilakukan oleh pihak asing yang tidak bertanggung jawab,” katanya.

Batik Indonesia telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dan perkembangan itulah membuat eksistensi batik sebagai identitas bangsa semakin kuat. Umumnya industri kecil dan menengah dan telah menjadi sandaran hidup bagi masyarakat. Selain itu, batik pun merupakan salah satu warisan budaya dan indentitas bangsa. Sebanyak 54 perajin batik yang berasal dari Solo, Yogyakarta, Bandung, Cirebon, Surabaya, Pekalongan, Surakarta, Banjarnegara, Madura dan Jakarta mengikuti pameran ini.

Source https://aengaeng.com/ https://aengaeng.com/2014/10/pameran-batik-warisan-budaya-vii-angkat-batik-sogan-klasik/
Comments
Loading...