infobatik.id

Paguyuban Batik Wijirejo Bentuk Koperasi

0 12

Paguyuban Batik Wijirejo Bentuk Koperasi

Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Bantul terus mendorong paguyuban perajin batik di Desa Wijirejo membentuk koperasi menyusul adanya ruang pamer batik yang disiapkan pemerintah di sentra kerajinan tersebut. “Para perajin batik yang memanfaatkan ruang pamer itu akan dikoordinasi oleh paguyuban, karena itu kami dorong menjadi koperasi sebagai media promosi bersama,” kata Kepala Disperindagkop Bantul Sulistyanto di Bantul, kemarin.

Ruang pamer yang dibangun di tepi Jalan Raya Jodog–Sedayu, Kecamatan Pandak, tersebut telah diresmikan dan mulai dimanfaatkan perajin batik belum lama ini, sehingga harapannya produk mereka makin dikenal masyarakat luas. Sekarang ini baru ada sekitar sepuluh perajin yang difasilitasi. Harapannya terus bertambah. Ke depan (ruang pamer) akan terus dikembangkan menjadi UPT, seperti UPT Kasongan (sentra gerabah) itu kan yang mengelola koperasi. Dengan adanya sebuah koperasi yang kegiatan usahanya mengelola ruang pamer tersebut nantinya bisa memudahkan dalam pendampingan, fasilitasi pelatihan bahkan penguatan modal hingga bantuan untuk kemajuan produk batik itu.

Selama ini para perajin batik masih memasarkan sendiri-sendiri, sehingga dengan ini (ruang pamer) bisa sebagai media promosi batik bersama, agar orang yang sebelumnya datang mencari batik di tempat perajin, saat ini bisa langsung ke ruang pamer. Sementara itu, produk batik yang dipajang di ruang pamer ini dipastikan dari segi harga lebih murah ketimbang produk batik dengan kualitas sama yang dipajang di toko modern.

Source https://daerah.sindonews.com/ https://daerah.sindonews.com/read/978630/151/paguyuban-batik-wijirejo-bentuk-koperasi-1426738915
Comments
Loading...