Padukan Corak Batik Pantura, Irma Ciptakan Batik Tulis Identix

0 38

Padukan Corak Batik Pantura, Irma Ciptakan Batik Tulis Identix

Batik akan terlihat biasa saja jika diproduksi secara massal dalam desain yang sama. Pemikiran tersebut menjadi alasan Irma Susanti ‎untuk lebih kreatif dalam memunculkan corak lain dari yang lain dalam membuat batik. Pemilik lini busana Indentix Batik ini pun mengkreasikan batiknya sendiri, yang kemudian ia sebut batik kustom.

Sesuai gagasan awal, batik buatan Irma tidak diproduksi massal, alias dibuat dalam edisi terbatas. Tanpa terikat dalam konsep corak berdasarkan wilayah, Irma mengkreasikan batiknya sendiri dengan mencomot corak dari berbagai jenis aliran.

“Dari Cirebon, Pekalongan, Lasem sampai Solo semuanya saya masukkan dalam karya saya. Sekilas memang bercampur, tapi semua tetap saya padukan dengan sesuai,” kata eks karyawati bank syariah ini.
Nama Indentix sendiri dipakai demi menonjolkan kesan lain dari yang lain. Serta, Irma ingin menyampaikan agar batik tetap dikenal sebagai identitas bersama bangsa Indonesia.

Mengenai pemasaran, perempuan yang tinggal di Gunungpati Semarang ini menyasar kalangan menengah atas. Pengusaha produk kopi ternama beberapa waktu lalu pernah memintanya untuk membuatkan batik sesuai brand produknya, dan Irma menyanggupi.

“Dia minta batik bercorak kapal api, proses produksinya kira-kira tiga bulan dan sekarang masih berlangsung‎. Pembuatannya di Pati, kota asal saya,” jelas ibu satu anak ini. Meski tergolong pemain baru di industri batik, Irma tidak main-main dalam menekuni bisnis ini.‎ Demi menguasai ilmu desain, lulusan Ilmu Sosiologi Universitas Negeri Semarang ini juga mengambil jurusan Seni dan Desain di Universitas Nanyang Singapura.

Source http://jateng.tribunnews.com http://jateng.tribunnews.com/2017/08/07/kreatif-padukan-corak-batik-pantura-irma-ciptakan-batik-tulis-identix?page=2
Comments
Loading...