Padukan Batik Dan Teknologi, Nancy Margried Kembangkan Produk Lokal

0 38
Padukan Batik Dan Teknologi, Nancy Margried Kembangkan Produk Lokal

Berbekal pengalaman mengangkat Batik Fractal ke internasional, Nancy Margried terpanggil untuk ikut serta mengembangkan produk lokal lewat IKKON.

Semangat membangun negeri bisa dilakukan dengan cara apapun. Menilik dari pengalaman Nancy yang bergelut di industri kreatif, ia melakukannya dengan mengikuti IKKON. “Saya tertarik untuk ikut IKKON, pertama karena saya ingin memperluas wawasan dan jaringan di bidang pelaku kreatif di Indonesia,” jelas Nancy, CEO Piksel Indonesia, yang inovasinya memadukan batik dengan teknologi, membawa batik ke level yang baru.

Tidak bisa dipungkiri, industri ekonomi kreatif di Indonesia beberapa tahun belakangan mengalami pertumbuhan yang cukup menggembirakan. Sektor industri kreatif menyerap sekitar 16,91 juta jiwa dan didominasi oleh generasi milenial. Tingginya minat anak muda bergelut di industri kreatif, kemungkinan besar karena jenis usaha ini mengedepankan inovasi atau pembaruan terhadap bisnis yang sama sebelumnya.

 

Bagi penyandang master di University College London ini, IKKON merupakan salah satu dari sedikit program yang diinisiasi pemerintah, yang benar-benar fokus pada sektor kreatif. Program yang menempatkan berbagai ahli dalam satu kelompok di suatu daerah untuk mengangkat potensi kreatif daerah tersebut ini, memungkinkan munculnya produk-produk kreatif yang berkelas internasional.

Berkolaborasi dengan pelaku kreatif di daerah tentunya bukan hal mudah, banyak tantangan yang ia temui. Bagi Nancy yang berkarya melalui IKKON di Belitung, salah satu tantangan yang ia hadapi adalah skill yang masih terbatas karena memang perajin di sana baru bisa mengerjakan produk-produk sederhana.

Source http://manado.tribunnews.com http://manado.tribunnews.com/2018/09/17/padukan-batik-dan-teknologi-nancy-margried-kembangkan-produk-lokal-lewat-ikkon
Comments
Loading...