Oscar Lawalata Pamer Koleksi Batik Binaannya di Batik For The World

0 150

Oscar Lawalata Pamer Koleksi Batik Binaannya di Batik For The World

Industri kain tradisional Indonesia selalu ada secara turun temurun. Regenerasi ini atas dukungan masyarakat Indonesia yang masih terus menghargai akan kain-kain warisan leluhur.

Rumah Kreatif BUMN beserta Oscar Lawalata dan Bank Mandiri bekerja sama dalam membina para pengrajin batik di Jawa Timur serta penenun di Nusa Tenggara Timur (NTT), dalam upaya melestarikan kisah yang dikemas dalam helai kain sebagai budaya yang diturunkan dari generasi ke generasi. Selain itu, dalam rangka melestarikan hasil usaha para pengrajin lokal yang senantiasa membawa ciri khas daerah masing-masing dalam karya yang mereka kenalkan ke masyarakat.

Ketika terjun langsung bertemu dengan para pengrajin, Oscar Lawalata mengakui masih ada kendala dengan kurangnya pengetahuan dan informasi pembatik atau penenun.

“Kita berharap kain Indonesia itu mengikuti zaman. Ketika bertemu ternyata mereka tidak mengerti warna, jadi kita ajarkan perpaduan warna. Di NTT juga mereka tidak tahu tren warna, tren motif gradasi biru seperti apa, merah seperti apa. Lalu, kita juga memberikan mereka benang,” ujar Oscar Lawalata, ketika ditemui di acara fashion show bertajuk Batik For The World di Plaza Mandiri Jakarta Selatan, Jumat (19/10).

Dari hasil binaan kain yang sudah dikunjungi di Trenggalek, Ponorogo, Kediri, Gresik, Surabaya, dan Madura, Oscar menampilkan sekitar 50 look dengan berbagai model gaun, kaftan, kemeja, dan kebaya.

Sementara dari segi motif, rata-rata masih mengikuti motif kekhasan daerahnya masing-masing seperti flora dan fauna dengan sentuhan warna alam. Oscar mengajak bahwa motif-motif lama harus terus ada dan dikembangkan.

“Saya pribadi bagaimana membuat batik menjadi sesuatu yang baru lagi, bagaimana saya menyematkan manik terus saya memberikan sentuhan sulam. Cutting-nya juga bagaimana motif itu tetap terlihat,” pungkas Oscar Lawalata.

Oscar berharap pengrajin bisa mandiri untuk meneruskan hasil binaan, perekonomian dan bisnisnya berjalan sehingga bisa menciptakan pasarnya sendiri dengan motif dan warna baru.

Source https://www.jawapos.com https://www.jawapos.com/entertainment/lifestyle/20/10/2018/oscar-lawalata-pamer-koleksi-batik-binaannya-di-batik-for-the-world
Comments
Loading...