Ornamen Meru: Ornamen Pokok dalam Pembuatan Batik

0 56

Ornamen Meru: Ornamen Pokok dalam Pembuatan Batik

Ornamen adalah unsur dari motif, berupa bentuk gambar atau lukisan yang menghiasi kain batik. Dengan kata lain, motif batik terdiri atas susunan unsur-unsur motif yang disebut ornamen. Ornamen disebut juga ragam hias. Adadua macam ornamen, ornamen pokok/utama dan ornamen pelengkap/pengisi bidang.

Ornamen Pokok
Ornamen pokok/utama berbentuk stilisasi dari benda alam atau hewan, melambangkan suatu makna, mempunyai arti filosofis, seperti ornamen meru, pohon hayat, ular atau naga, lidah api dan sebagainya. Biasanya berukuran cukup besar atau dominan dalam sebuah motif. Beberapa ornamen pokok antara laon sebagai berikut.

1. Ornamen Meru

Ornamen Meru berupa stilisasi bentuk gunung. Kata meru berasal dari Gunung Mahameru. Gunung ini dianggap sebagai tempat tinggal atau singgasana bagi para dewa, Tri Murti, yaitu Sang Hyang Wisnu, Sang Hyang Brahma, dan Sang Hyang Siwa. Tri Murti ini melambangkan sumber segala kehidupan, sumber kemakmuran, dan sumber kebahagiaan hidup di dunia. Oleh karena itu, meru digunakan agar si pemakai selalu mendapatkan kemakmuran dan kebahagiaan. Ornamen ini juga melambangkan tanah atau bumi yang di dalamnya terdapat berbagai kehidupan, namusia, hewan dan tumbuhan.

Source http://www.mikirbae.com/ http://www.mikirbae.com/2017/05/jenis-jenis-ornamen-motif-batik.html
Comments
Loading...