Ornamen Burung: Ornamen Pokok dalam Pembuatan Batik

0 196

Ornamen Burung: Ornamen Pokok dalam Pembuatan Batik

Ornamen adalah unsur dari motif, berupa bentuk gambar atau lukisan yang menghiasi kain batik. Dengan kata lain, motif batik terdiri atas susunan unsur-unsur motif yang disebut ornamen. Ornamen disebut juga ragam hias. Adadua macam ornamen, ornamen pokok/utama dan ornamen pelengkap/pengisi bidang.

A. Ornamen Pokok
Ornamen pokok/utama berbentuk stilisasi dari benda alam atau hewan, melambangkan suatu makna, mempunyai arti filosofis, seperti ornamen meru, pohon hayat, ular atau naga, lidah api dan sebagainya. Biasanya berukuran cukup besar atau dominan dalam sebuah motif. Beberapa ornamen pokok antara lain sebagai berikut.

 Ornamen Burung

Ornamen burung ini merupakan ornament pokok pada batik semen dan sebagai ornament pengisi. Ornamen burung ini selain berfungsi sebagai ornamen utama, juga di pakai sebagai pengisi bidang yang di gambarkan seperti bentuk burung kecil-kecil. Ornamen yang utama bentuknya seperti burung merak berjenger dan sayapnya terbuka dengan bulu yang tidak bergelombang. Dalam agama Hindu, burung merak di kenal sebagai wahana dawa perang bernama Dewa Skanda dan Dewi Purwati. Banyak arca Dewa Skanda di gambarkan menungang burung merak. Sering kali orang keliru melihat arca Dewa Skanda itu mengendarai burung unta.

Setelah di teliti burung jambul itu adalah lambang burung merak. Ragam hias burung merak sebagai lambang kesucian dan dunia atas. Biasannya burung merak dalam ragam hias pada batik ditampilkan dengan ekor yang mekar dengan bulu merapat satu sama lain. Dapat juga bentuk seperti burung phoenix dengan bulu ekor dan sayap panjang bergelombang, Kadang-kadang terdapat bulu di kepala berbentuk jambul. Burung phoenix hanya di kenal di Cina. Burung ini di pandang sebagai burung surga, juga sebagai lambang dunia atas atau langit. Bentuk lain berupa burung khayal dan aneh, misalnya: burung dengan kepala naga, burung berkepala dua dan mempunyai  jenger atau bentuk burung yang badanya melingkar. Ornamen burung banyak terdapat pada motif Semen tradisional.

Source http://www.mikirbae.com/ http://www.mikirbae.com/2017/05/jenis-jenis-ornamen-motif-batik.html
Comments
Loading...