Ornamen Batik Khas Daerah Pekalongan

0 449

Ornamen Batik Khas Daerah Pekalongan

Batik Pekalongan yang asli pada dasarnya memiliki nilai historis berkaitan erat dengan peristiwa pergolakan pada zaman penjajahan Hindia Belanda. Pada waktu Panembahan Senopati telah mengumumkan peristiwa perang terbuka untuk melawan penjajah Belanda, dan perpecahan pun terjadi di area karotn Yogyakarta. Hingga akhirnya keluarga keraton pun terpecah belah.

Kemudian para bangsawan-bangsawan pun meninggalkan keraton dengan para pengikutnya lalu menetap dan tersebar di berbagai wilayah-wilayah di penjuru indonesia, tak terkecuali Pekalongan. Di wilayah-wilayah baru itulah seni kerajinan batik secara tetap dikembangkan oleh  keluarga keraton dan berikut modifikasi hasil inspirasi kondisi lingkungan wilayah baru itu.

Motif batik khas Kota Pekalongan mempunyai ornament yang berbentuk burung garuda dan tumbuhan tapi tak  terdapat cecek gori atau cecek sawut. Pengisian motif sendiri berbentuk cecek pitu atau cecek dengan garis-garis. Detail dari cecek batik khas Pekalongan tersebut sangat menonjol, dengan begitu garis yang membentuk ornament motif itu terbentuk pula dari cecek-cecek. Adapun salah satu brand batik halusan yang sangat terkenal khas Pekalongan paling terkenal akan permainan ceceknya iyalah Oei Tjow Soen.

Source https://ditakencanabatik.com/ https://ditakencanabatik.com/blog/5-motif-batik-pekalongan/
Comments
Loading...