Orang Jepang Penggila Batik Indonesia

0 110

Orang Jepang Penggila Batik Indonesia

Peminat batik dari berbagai negara mendatangi ke Indonesia demi berburu batik. Sebaliknya, sudah tidak asing kita mendengar karya-karya batik Indonesia ‘terbang’ ke berbagai negara di Benua Asia, Eropa, hingga Amerika. Peminat dari Jepang paling ‘getol’ berburu batik Indonesia dibandingkan negara lainnya.

Chandra Diana, pemilik usaha Batik Pohon mengaku banyak kedatangan pembeli dari mancanegara, tetapi pembeli Jepang membuatnya geleng-geleng kepala. Pedagang batik di pusat batik Thamrin City pun mengatakan hal serupa. 

Pemburu batik dari Jepang ini bahkan sampai mencari batik-batik kuno yang tergolong langka. Hal ini diungkapkan oleh seorang kolektor batik, Hartono Sumarsono yang sekaligus pendiri Batik Kencana Ungu dan Pemilik Batik Citra Lawas. Menurut data Kementerian perindustrian nilai ekspor batik RI sejak 5 tahun terakhir tumbuh 14,7%. Pada 2011 nilai ekspor batik tercatat Rp 43,961 triliun dan terus meningkat setiap tahunnya hingga pada 2015 diprediksi bakal mencapai nilai eskpor Rp 50,439 triliun.

Source https://finance.detik.com/ https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-3034438/orang-jepang-penggila-batik-indonesia
Comments
Loading...