Oleh – Oleh Khas Pamekasan, Batik Manis Berwarna Ngejreng

0 10

Oleh – Oleh Khas Pamekasan, Batik Manis Berwarna Ngejreng

Setiap kota di Madura memiliki batik khas, tak hanya Bangkalan yang mempunyai batik spesial. Tapi ketiga kota lain di pulau ini pun memiliki ciri khas, termasuk Pamekasan. Jadi ketika mengunjungi kota yang berjarak sekitar 112 kilometer dari Surabaya ini, jangan lewatkan kesempatan untuk berbelanja batik.

Warna-warna ngejreng menjadi ciri khas dari batik Pamekasan. Nah untuk berburu batik di kota ini, bisa ke pasar khusus batik. Namanya Kompleks Pasar 17 Agustus. Lokasinya terletak di Jalan Pintu Gerbang. Hampir semua kios menjual batik serupa, tapi kebanyakan batik Pamekasan.

Ingin langsung mendatangi para pengrajin pun tak sulit di sini. Karena kampung-kampung batik tidak jauh dari pusat kota. Adalah Kecamatan Proppo yang memiliki beberapa kampung batik, di antaranya Desa Rangperang Daya dan Desa Klampar. Untuk menuju ke sana, hanya memerlukan waktu 10-15 menit dari pusat kota.

Menyusuri jalan-jalan di Dusun Banyumas, Desa Klampar, pasti akan menemukan para perempuan tengah membatik. Atau paling tidak, melihat gerai yang menjual batik. Karena ibu-ibu tak sepanjang hari membatik. Saat menyusuri desa ini, akhirnya  saya temukan juga seorang ibu tengah membatik di depan rumahnya. Khatimah, 31 tahun, yang langsung tersenyum ketika saya dekati.

Ibu dua anak ini sudah membatik sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kini kegiatan itu ia lakukan hampir setiap hari setelah mengurus anak dan memasak. “Kadang sambil ngerumpi juga,” ujarnya sembari tertawa. Ia membatik di atas kain samporis, motif sederhana yang dengan cepat diselesaikannya. “Motifnya di sini besar-besar dan gablak (warna-warni),” katanya.

Source https://travel.tempo.co https://travel.tempo.co/read/1140523/oleh-oleh-khas-pamekasan-batik-manis-berwarna-ngejreng/full&view=ok
Comments
Loading...